Basmin Salat Duha, Pata Ingatkan “Kesaktian” No 2 – Palopo Pos
Utama

Basmin Salat Duha, Pata Ingatkan “Kesaktian” No 2

* Cerita Calon Bupati Luwu di Balik Pengundian Nomor Urut

BELOPA — Ada-ada saja cerita di balik pengundian nomor urut dua pasang calon bupati Luwu tahun 2018. Usai mencabut nomor urutnya dalam toples kaca, calon bupati Luwu diberi waktu menyapa pendukung dan pendukung rivalnya. Basmin mengaku No 1 terlintas saat salat tahajud dan duha. Sedangkan Patahuddin hanya mengangkat cerita “kesaktian” dari No 2.

Hadir dalam Rapat Pleno Terbuka Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu, Amru Saher, plt bupati Luwu, kedua paslon, Basmin Mattayang-Syukur Bijak dan Patahuddin-Emmy Tallesang. Hadir pula ratusan pendukung masing-masing paslon, Kajari Palopo, Gede Edy Bujanayasa, SH, MH, unsur muspida, dan kepala OPD se Luwu. Pleno terbuka KPU Luwu disaksikan komisioner Panwaslu Luwu. Ada Ketua Panwaslu Kabupaten Luwu, Sam Abdi, Anggota Panwaslu, Kaharuddin, dan Abdul Latif Idris.

Pengundian nomor urut paslon Selasa kemarin berlangsung meriah dan penuh gemuruh. Kedua paslon terlihat hadir bersama ratusan pendukungnya. Mereka masuk dalam ruangan Simpurusiang, adapula yang menunggu di halaman gedung tersebut maupun di lapangan Andi Djemma Belopa.

Pelaksanaan pengundian nomor urut paslon bupati dan wakil Bupati Luwu 2018 berlangsung aman tanpa ada gesekan. Dengan tetap dikawal tidak kurang dari 315 pasukan Polres Luwu, unsur TNI, dan satuan brimob bersenjata lengkap.

Paslon yang pertama hadir di gedung Simpurusiang adalah pasangan H Basmin Mattayang dan Calon Wakil Bupati Luwu Syukur Bijak. Mereka tiba pukul 11:00 Wita. Kandidat tersebut tiba dengan kendaraan pribadi masing-masing dengan iring-ringan pendukungnya dan langsung turun di depan gedung, H Basmin Mattayang dan Syukur Bijak.

Sementara itu, paslon Bupati Patahuddin dan Emmy Tallesang tiba sekitar 40 menit kemudian yang memilih jalan kaki dari depan Masjid Agung Belopa menuju gedung serba guna Simpurusiang dengan dikawal para pendukung dan simpatisannya.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Luwu, Abd Thayyib Wahid R, menyampaikan kepada seluruh peserta pilkada Luwu untuk menjunjung tinggi budaya dalam pelaksanaan pilkada Luwu tahun 2018. “KPU Luwu menitipkan pesan kepada tim suskes dan pendukung paslon marilah menjunjung tinggi budaya dalam melaksanakan pilkada sehingga semua bisa berlangsung damai.

Itu semua tujuan masyarakat. Dalam pesta demokrasi ini utamakan kepntingan masyarakat, bukan diatas kepntingan golongan,” jelas Abd Thayyib WR.

Pengundian nomor urut pasangan calon bupati Luwu tahun 2018 telah usai dilaksanan. Hasilnya, pasangan Basmin Mattayang-Syukur Bijak mendapat nomor urut 1 dan pasangan Patahuddin-Emmy Tallesang mendapatkan nomor urut 2.

Gemuruh sorak gembira pendukung dan simpatisan masing-masing pasangan calon langsung pecah, ketika jagoan mereka menunjukan nomor urut yang dicabut dari dalam toples kaca.

Dalam sambutannya, Basmin Matayyang menyampaikan bahwa nomor urut 1 yang ia dapat ini berkat salat tahajjud dan salat duha yang dilaksanakannnya. “Saat saya salat tahajjud dan duha. Ada yang bisik saya bahwa sebentar kau akan ambil nomor 1, Basmin,” ujar Basmin Mattayang dalam sambutannya.

Di tempat yang sama, Patahuddin menyampaikan bahwa jabatan itu hanya 5 tahun jangan karena jabatan memutuskan silaturahim.

“Saya ingatkan kepada tim saya untuk tetap menjaga pilkada damai. Jabatan itu cuma 5 tahun jangan karena jabatan memtuskan silaturahim,” katanya.

soal nomor urut ini, masyarakat mungkin familiar nomor ini. ”Karena dua kali pilkada langsung dua kali pula nomor ini menang,” ujar Patahuddin sembari mengingat sejarah pilkada lalu.

Jadi, kata dia, nomor dua adalah nomor yang cukup akrab dengan masyarakat Kabupaten Luwu dalam setiap perhelatan pilkada Luwu.

Untuk diketahui, dalam Pilbup Luwu ini, paslon nomor urut 1 Basmin-Syukur diusung Partai Demokrat, PDIP, Hanura, PPP, PKB, PKS, NasDem, PKPI, dan PBB. Sementara partai pendukung Baskin-Syukur, ada Partai PSI, Berkarya, PKB, dan Perindo. Sedangkan paslon nomor urut 2 Patahuddin-Emmy Tallesang diusung Partai Golkar, Gerindra, dan PAN

” Saya ingatkan kepada tim saya, mari kita menjaga Pilkada damai. Jabatan itu cuma lima tahun, jangan karena jabatan ini justru memutuskan hubungan silaturahmi.(fan-and/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top