Perpindahan Penduduk Kembali Ditata – Palopo Pos
Metro

Perpindahan Penduduk Kembali Ditata

PALOPO — Kota Palopo merupakan kota yang memiliki kepadatan penduduk. Bahkan tiap tahunnya perpindahan penduduk dari luar ke Kota Palopo terus bertambah. Hal ini pula membuat DPRD meminta agar Pemerintah Kota (Pemkot) menata dan mengatur keberadaan penduduk yang berpindah.

Anggota Komisi I, DPRD Palopo, Alfri Jamil meminta pihak Pemkot Palopo untuk membuat regulasi dalam mengatur perpindahan penduduk masuk kota.

“Beberapa hari lalu kami bersama camat se Kota Palopo membahas persoalan ini,” kata Alfri Jamil kepada Palopo Pos, Selasa 12 Februari 2018.

Adapun pembahasan yang dihadiri para camat, kata dia, melakukan penertiban keberadaan penduduk yang setiap waktu mengalami perpindahan ke kota. Menurutnya, perpindahan penduduk ke kota harus diatur salah satu menetapkan identitasnya penduduk yang menetap.

“Kami merancang akan membahas perihal ini. Kemungkinan kita akan berguru ke Kota yang menerapkan aturan sistem perpindahan penduduk,” jelasnya lagi.

Dijelaskan, Kota Palopo merupakan daerah memiliki kepadatan penduduk baik dalam tiap bulan maupun tiap tahunnya. Yang paling utama pula, identitas kependudukan warga yang berpindah ke kota harus jelas.

Masyarakat yang berpindah ke kota tidak boleh lagi memiliki identitas ganda sehingga tidak menjadi persoalan.

“Di Kota Palopo banyak yang memiliki identitas kependudukan ganda. Itu karena ada warga yang tidak melaporkan ke pemerintah tempat asal mereka terkait kepindahannya,” kata legislator PDIP ini.

Alfri menambahkan, dalam mengatur sistem perpindahan penduduk ini tentu melibatkan beberapa pihak pemerintah terkait. Selain, para Camat, bagian pemerintahan juga melibatkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Palopo.

“Minimal Pemkot bisa mengatur hal ini lewat peraturan walikota (Perwal) yang nantinya dapat dibuatkan peraturan daerah (perda) biar orang yang akan menetap di Palopo dapat mempertegas status kependudukannya,” katanya. (rul/rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top