Aman dan Sukses – Palopo Pos
Utama

Aman dan Sukses

* Ikrar Paslon di Apel Pilkada Damai

PALOPO –— Polres Palopo menggelar apel pilkada damai, kemarin. Kegiatan yang berlangaung pagi-pagi di lapangan Gaspa, semua yang ikut apel siap mewujudkan ikrar tersebut. Lebih-lebih pasangan calon (paslon). Pengucapan ikrar paslon lebih nyaring dan serius. Bersaing untuk menang tidak salah. Dalam melakoni peran masing-masing tetap junjung rasa persaudaraan. Ingat, prosesnya harus aman dan sukses.

Peserta apel terdiri dari politisi dari parpol peserta pemilu. Jumlahnya ratusan sambil membawa atribut partai mereka. Kemudian dari pendukung kedua pasangan calon walikota dan wakil walikota Palopo. Pagi-pagi sudah berbaris rapi di lapangan Gaspa. Di sisi timur lapangan sudah berbaris pasukan gabungan pengaman kampanye pilkada.

Kegiatan tersebut dihadiri Dandim 1403 Sawerigading Letkol Inf M Imasfy, Ketua DPRD Palopo, unsur forkopimda se-Kota Palopo, anggota Polres Palopo, anggota kodim 1403 Sawerigading, Satpol PP Palopo, Panwaslu Kota Palopo, brimob, dan masyarakat. Juga hadir pasangan Judas Amir-Rahmat Masri Bandaso dan Akhmad Syarifuddin-Budi Sada.

Kapolres Palopo, AKBP Taswin, SIk, MH bertindak sebagai pimpinan upacara. Sedangkan pengucapan ikrar pilkada damai dipandu oleh Ketua Panwaslu Kota Palopo, Syafruddin Jalal. Pesera kompak dan serius mengikuti ikrar.

Usai pengucapan ikrar yang berlangsung cukup singkat, Kapolres Palopo AKBP Taswin SIK MH kemudian membacakan amanat dari Kapolda Sulsel Irjen Pol Umar Septono. Dalam amanatnya, kapolda mengimbau selama 129 hari ke depan akan digelar kampanye dan tahapan pilkada. Setiap tahapan sudah diatur jadwalnya.

Dalam kampanye nanti, kata kapolres membacakan amanat kapolda, setiap pasangan calon dilarang mempersoalkan Pancasila dan UUD 1945. Menghina sesama, menghasut antar satu sama lain, menggunakan kekerasan, dan merusak fasilitas umum, tempat ibadah, dan lainnya.

“Cegah potensi kerawanan yang menimbulkan konflik, baik itu sosial. Utamanya melalui medsos seperti sekarang ini,” imbuh kapolres.

Untuk itu, selaku Kapolda Sulsel, diimbau kepada masyarakat, pasangan calon, penyelenggara agar mematuhi aturan yang ditetapkan, sehingga seluruh tahapan pilkada berjalan lancar dan damai. Sesuai ikrar yang baru saja diucapkan. Prosesnya harus aman dan berlangsung sukses. “Jangan tergoda dengan politik uang apalagi politisasi SARA. Boleh beda pilihan tetapi tetap jaga persatuan,” kata kapolres.

Usai pengucapan ikrar pilkada damai, jajaran Polres Palopo juga menggelar aksi sejuta tandatangan sebagai bentuk komitmen menciptakan pilkada damai di Kota Palopo.
Apa komentar dua pasang calon?

Paslon nomor urut 1 HM Judas Amir, misalnya, usai acara mengatakan, dengan adanya ikrar ini menjadi harapan bagi seluruh paslon dan masyarakat Kota Palopo. “Harapannya sama semua,” tegasnya. ”Pastinya, aman dan sukses,” lanjut Judas Amir.

Di tempat yang sama, paslon nomor 2, Akhmad Syarifuddin Daud, mengapresiasi ikrar pilkada damai yang dipelopori Polres Palopo. Ome — sapaan akrab — wakil walikota Palopo ini juga mengimbau agar ikrar tersebut dapat dipatuhi seluruh pihak.

“Mari berkompetisi secara damai dan sehat. Jangan ini hanya slogan saja, hanya sebuah simbolik. Tetapi faktanya di lapangan banyak ditemukan pelanggaran-pelanggaran dan ada pembiaran,” katanya.

Seperti mobilisasi ASN, melibatkan ASN dalam mendorong program pemerintah yang mengatasnamakan kandidat tertentu. ”Itu bukan bagian dari kampanye damai, itu bukan cara-cara yang tidak baik,” jelasnya. (idr/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top