Andi Arwin Janji Kontrol ASN di Pilkada Serentak – Palopo Pos
Utama

Andi Arwin Janji Kontrol ASN di Pilkada Serentak

* Jabat Pjs Walikota Palopo

PALOPO — Teka-teki siapa yang akan menjadi penjabat sementara walikota Palopo setelah cuti kampanye terjawab sudah. Dia adalah Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Arwin Aziz, SSTP. Ia resmi ditunjuk sebagai pjs walikota Palopo selama kurang lebih empat bulan.

Hal tersebut terlihat dari surat resmi dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri). Isinya memerintahkan kepada Gubernur Sulsel agar segera mengukuhkan seluruh pejabat sementara yang akan bertugas di daerah, termasuk di Kota Palopo.

Kabag Humas Pemkot Palopo, Eka Sukmawati, SSTP, kepada Palopo Pos, Rabu 14 Februari 2018, kemarin, mengatakan, pjs walikota dilantik bersama empat pjs lainnya di Kota Makassar Kamis 15 Februari 2018.

”Insya Allah, pjs walikota Palopo akan dilantik besok (hari ini, red) oleh Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo bersama pjs lainnya setelah Presiden Joko Widodo selesai melakukan kunjungan kerjanya di Kota Makassar,” jelas mantan Camat Sendana ini, kemarin.

Menurutnya, untuk menjalankan roda pemerintahan di Palopo, Andi Arwin telah ditunjuk, melalui SK Mendagri, sebagai pejabat sementara (PJs) Wali Kota Palopo.

Saat dikonfirmasi, Arwin membenarkan hal ini dan rencananya setelah pengukuhan dirinya akan mengagendakan untuk langsung ke Kota Palopo dan menjalankan roda pemerintahan di daerah tersebut.

“Insya Allah, besok dilakukan pengukuhan, setelah itu saya agendakan ke Palopo,” katanya.

Selain itu, dirinyanya juga berjanji akan tetap menjaga netralitas ASN selama pelaksanaan pilkada serentak nantinya.

Dijelaskan ketidaknetralan ASN juga bisa menimbulkan konflik horizontal di tengah-tengah masyarakat. Olehnya itu selama dia menjabat dirinya berjanji akan mengontrol ASN termasuk siap memberikan sanksi bagi yang melanggar ketentuan.

“Sebagaimana amanat Pak Presiden dan Pak Menteri Dalam Negeri, untuk tetap menjaga netralitas ASN, ini juga menjadi salah satu tugas saya di Palopo,” lanjut Arwin.

Diketahui bahwa, Judas Amir yang menjabat sebagai Wali Kota Palopo, akan maju kembali pada Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) 2018 ini.
Begitu juga dengan Wakil Wali Kota Palopo Akhmad Syarifuddin, akan cuti bersamaan, karena akan maju bertarung di Pilwalkot Palopo 2018. Secara aturan keduanya diwajibkan untuk mengajukan Cuti selama tahapan dan masa kampanye. (rhm/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top