Ratusan Kader Penyuluh KB Terima Insentif – Palopo Pos
Metro

Ratusan Kader Penyuluh KB Terima Insentif

PALOPO — Sebanyak 235 orang Petugas Penyuluh Keluarga Berencana Daerah (PPKBD) dan Sub PPKBD Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PP dan KB) Kota Palopo menerima insentif triwulan pertama di Kantor Dinas PP dan KB Kota Palopo, Rabu 14 Februari 2018.

Kepala PP dan KB Kota Palopo, Hj Suriani Andi Kaso, SE.,M.Si kepada Palopo Pos, usai menyerahkan insentif secara simbolis mengatakan, insentif yang mereka terima yakni Rp250 Ribu per bulan yang diterima per triwulan. Insentif yang mereka terima ada kenaikan yang mana diterima tahun ini sebesar Rp250 Ribu, sehingga total yang diterima sebesar Rp750 Ribu per orang.

“Mereka ini sebagai pelaksana kependudukan keluarga berencana pembangunan keluarga. Mereka bertugas mensosialisasikan program KB di masyarakat,” kata mantan Camat Wara Selatan ini kemarin.

Suriani menjelaskan, para penyuluh KB ini bertugas menjaring pasangan usia subur (PUS) menjadi akseptor KB baru, dengan mendatangi rumah-rumah warga secara ‘door to door’.
“Penjaringan akseptor KB baru dengan door to door sangat efektif karena bisa langsung bertemu dengan warga yang menjadi target face to face,” sebut Suriani yang juga Sekretaris TP-PKK Kota Palopo ini.

Dalam melaksanakan tugasnya para penyuluh KB dibantu oleh pembantu pembina KB tingkat RW dengan melakukan komunikasi informasi dan edukasi (KIE). Di mana petugas mendatangi rumah-rumah warga, baik mereka yang telah menjadi akseptor KB maupun yang belum. Bagi yang telah menjadi akseptor diminta menjadi peserta KB aktif atau lestari. Sedangkan PUS yang belum ikut KB, diharapkan menjadi akseptor baru.

“Selain secara door to door, melalui pelayanan terpadu malam hari juga cukup efektif,” katanya.

Apalagi, sebutnya belum lama ini tenaga penyuluh dan KB diberikan 24 unit kendaraan operasional berupa motor. Hal ini menambah kelancaran tugas mereka dalam mengedukasi masyarakat pentingnya ber-KB.

Untuk itu dirinya berharap agar kepada petugas penyuluh untuk tetap menjaga sinegeritas dalam menjalankan tugas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Ia menekankan dan berharap kepada penyuluh agar betul-betul bekerja sesuai tupoksi.
“Penyuluh KB dalam menjalankan tugas harus betul-betul sesuai tupoksi dan bekerja sesuai keadaan di lapangan,” harapnya.

Sementara itu, lanjutnya, juga akan dilakukan penyerahan insentif bagi anggota dasa wisma yang tersebar di seluruh kelurahan yang dijadwalkan akan dilaksanakan pekan depan.(rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top