62 Warga Torut Terjangkit HIV/AIDS – Palopo Pos
Toraja

62 Warga Torut Terjangkit HIV/AIDS

*Dinkes Torut Lakukan Pengawasan

TORAJA UTARA — Kabupaten Toraja Utara, saat ini diperhadapkan dengan adanya kekhawatiran warga akan terjadinya penularan lebih meluas soal virus HIV/AIDS, virus yang diketahui belum ditemukan obatnya. Karena hingga saat ini sudah ada sekitar 62 kasus HIV/AIDS yang diawasi oleh Dinas Kesehatan Torut.

Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Bidang Penularan Penyakit HIV/AIDS Dinas Kesehatan Kabupaten Toraja Utara, Agustinus Rante, saat dihubungi via selurer, Minggu (25/2/2018). Dirinya menyebutkan, sedikitnya 62 kasus HIV/AIDS yang telah mejangkit warga Toraja Utara, saat ini mendapat pengawasan Dinas Kesehatan Toraja Utara.

“Tercatat 62 orang telah terjangkit HIV/AIDS serta mendapat pengawasan dari dinas. Sehingga keberadaan penyakit tersebut tingkat penyebarannya dapat ditekan,” ujar Agustinus.

Lanjutnya, dari 62 orang yang telah terdeteksi HIV/AIDS, kebanyakan warga Toraja yang ada diperantauan. Dengan adanya kasus ini, pihak Dinas Kesehatan Toraja Utara telah melakukan sosialisasi dengan menggandeng sejumlah organisasi Perangkat Daerah (OPD), sekolah serta beberapa gereja agar memberikan penyuluhan bahaya virus yang mematikan itu, terang Agustinus.

“Warga yang terjangkit HIV/AIDS terus mendapatkan pengawasan. Dari data yang ada sebagian besar mereka memiliki profesi sebagai pelayan THM,” ujar Agustinus. (rp1/udy)

Click to comment

Most Popular

To Top