Rospita Berharap P2TP2A Segera Terbentuk Di Kecamatan Dan Lembang – Palopo Pos
Toraja

Rospita Berharap P2TP2A Segera Terbentuk Di Kecamatan Dan Lembang

MAKALE -Ketua TP.PKK Kabupaten Tana Toraja Rospita N.Biringkanae berbicara di dalam konsultasi forum organisasi perangkat daerah dalam rangka rancangan awal penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD ) Kabupaten Tana Toraja 2019 terkait dengan P2TP2A ,Sabtu ,03 Maret 2019.

Dalam forum tersebut Ketua P2TP2A ini jelaskan kepada hadirin yang berjumlah ratusan orang digedung tammuanmali bahwa dari Pak Wakil Bupati dan Ketua DPRD Trimakasi untuk supportnya kepada P2TP2A ,kita harus tahu bersama bahwa P2TP2A ini adalah suatu kegiatan sosial yang dibentuk oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Anak .

“P2TP2A yang ada kami tidak ada support dana sama sekali,jadi kami hanya bekerja sama dengan dinas terkait dalam hal ini Dians Pemberdayaan Perempuan dan Anak ,tenaga Folentir kami betul-betul pekerja sosial ,ada ibu yurni .

Yang harus di apresiasi bahwa Kami benar-benar murni turun kelapangan tidak ada dana ,kami bekerja karena keterpanggilan ,semoga tahun 2018 ini sudah ada support dari dinas pemberdayaan perempuan dan anak,sehinggah kami bisa menjangkau 19 kecamatan yang ada di Tana Toraja .

Dan dari data yang telah disampaikan oleh Pak Mika sebagai bidang terkait didinas pemberdayaan perempuan dan anak ,Tahun 2018 ini sudah ada sosialisasi ke 19 kecamatan ,dan berusaha bekerjasama dengan P2TP2A untuk membentuk agen atau folentir dimasing-masing kecamatan.

“Folentir kami akan dilengkapi dengan fasilitas seperti handphone untuk bisa berkomunikasi langsung ,begitupun dilembang karena ternyata dana anggaran pemerintahan lembang (APL) bisa digunakan untuk sosialisasi ,jadi nantinya bahan sosialisasinya dari P2TP2A dan juga akan dibantu tenaga dari P2TP2A Kabupaten untuk ikut jadi pemateri yang akan dipandu oleh ibu Yuni.

Lanjutnya mengenai kasus perceraian bahwa di P2TP2A kami ada tim yakni tim konselor untuk menangani kasus ini yang beragama kristen akan ditangani ole Pendeta Yonan ,untuk yang beragama Kristen Katolik ditangani oleh Pastor Albert dan kemudian untuk saudara yang muslim akan ditangani oleh Thamrin Lodo’ dari Departemen Agama Tana Toraja.

Untuk kekerasan terhadap anak masing-masing tokoh agama akan menangani ,yang sekarang yang akan mendampingi ada ibu pendeta dari rantetayo yang memang ada rumah bethesda konseling anak dimana ada juga pasien dari BNN yang juga mereka tangani .

“itu sinergi kami untuk penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak ,bahwa kami di T2TP2A pekerja sosial (Peksos)murni kami mendampingi jika ada kasus-kasus yang sudah diuraikan diatas bahwa kami ada tim konselor yang memang bekerja secara sosial disana.

Plt.Kadis Pariwisata ini berharap agar semoga dapat terealisasi di tahun 2018 ini untuk membentuk agen T2TP2A di tingkan Kecamatan ,Lurah dan Lembang.

“Pak Ketua DPRD Tator izin program ,usulan kami mudah-mudahan dapat direalisasikan di tahun 2018 ini, harap Rospita. (albert)

Click to comment

Most Popular

To Top