THR Sebelum Idul Fitri, Gaji 13 Dibayar Mei – Palopo Pos
Utama

THR Sebelum Idul Fitri, Gaji 13 Dibayar Mei

* Pemkot Siapkan Rp35 M, Lutra Rp38 Miliar

PALOPO — Anggaran THR dan gaji 13 sudah masuk ke APBD TA 2018. Kalau begitu sudah aman masuk kantong ASN. Di Palopo, anggaran yang disiapkan untuk merayakan hari kemenangan sebesar Rp35 miliar, Lutra Rp38 miliar. THR cair sebelum Idul Fitri, menyusul gaji 13 bulan Mei 2018.

Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palopo sudah menyiapkan dana pembayaran THR dan gaji 13 di kas daerah sebesar Rp35 miliar lebih bagi 4.298 orang ASN yang berada di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo. Tahun ini, kemungkinan pembayaran gaji 13 dan THR tidak bersamaan.

Kepala BPKAD Kota Palopo, Hamzah Jalante, menyebutkan, pembayaran THR dan gaji 13 bagi PNS diatur lewat juknis dari pusat. ”Yang jelas THR akan dibayarkan sebelum Hari Raya Idul Fitri,” ujarnya, kemarin.

Rinciannya, untuk total anggaran gaji 13 sebesar Rp20 miliar dan THR sekitar Rp15 miliar. Sehingga totalnya sebesar Rp35 miliar.

”Dana sudah siap. Dan kami siap mencairkan setelah ada petunjuk dari pusat. Yang jelas sebelum lebaran sudah kami bayarkan,” kata Hamzah.
Menurut Hamzah, pembayaran THR dan gaji 13 yang diterima PNS bersih tanpa potongan yang ditransfer kepada masing-masing rekening PNS.

”Pembayaran gaji 13 dan THR diterima PNS tanpa potongan,” tegasnya.
Tahun lalu, THR bukan hanya diterima PNS. Akan tetapi, berlaku juga bagi 25 orang anggota DPRD Kota Palopo. Pencairan THR para wakil rakyat ini juga diatur dengan juknis.

Kalau tahun lalu, THR anggota DPRD disiapkan sebesar Rp40 miliar lebih. Sedangkan gaji 13 untuk 25 orang anggota DPRD Kota sebesar Rp101.369.100. ”Aturan pemberian THR sama dengan PNS. Yakni hanya sebesar gaji pokok,” sebutnya.

”Seperti biasa dinda gaji 13 itu sama besarnya satu kali gaji dan tunjangan yang diterima setiap bulan. Sedangkan gaji 14/thr satu gaji pokok saja.
Tapi intinya kami menunggu petunjuk lebih lanjut dari pusat. Penganggaraannya sudah disiapkan,” terang Hamzah.

Di Luwu Utara, Pemerintah Kabupaten Luwu Utara telah menyiapkan anggaran sebesar Rp38 miliar untuk THR dan gaji 13 bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).
”Kami sudah siapkan di APBD 2018 untuk anggaran gaji 13 sebesar Rp21 miliar dan THR sebesar Rp17 miliar,” sebut Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Lutra, Baharuddin Nurdin, kepada Palopo Pos, Minggu 4 Maret 2018.

Menurut Bahar — sapaan akrab — mantan sekretaris Bappeda ini, pemerintah sudah menyiapkan anggarannya, baik gaji 13 maupun THR, yang besarannya berbeda.

Kapan jadwal pembayaran? Terkait kapan dibayarkan, Bahar mengatakan, untuk gaji 13 dibayarkan saat tahun ajaran baru masuk sekolah. Diperkirakan bulan Mei. Sementara untuk THR diserahkan sebelum Idul Fitri.

Karo Humas BKN Muhammad Ridwan, mengatakan, ASN tahun ini akan diberi tunjangan hari raya (THR) sebesar gaji pokok sesuai dengan PP Nomor 25 Tahun 2017. Menurut Ridwan, kebijakan THR PNS sudah berlangsung sejak 2016 dan berbeda dari gaji ke-13. Gaji ke-13 terdiri dari gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, dan tunjangan kinerja. (jun-rhm/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top