Enjoy Jalankan Usaha – Palopo Pos
FEMALE

Enjoy Jalankan Usaha

Hj Erni Budiman Palammai. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

* Hj Erni Budiman Palammai, Anggota IWAPI dan IKA DPRD Palopo

JADI istri wakil rakyat dan ‘leader’ di usaha yang dirintisnya mulai dari nol, tak membuat jalannya terhenti untuk mengejar impiannya dari kecil. Di mata suami, ia harus mampu jadi teman diskusi. Usaha rias pengantin dan penyewaan alat pesta pernikahan tetap berkembang dan eksis. Semua itu dilakoni

tanpa keluh kesah. Enjoy, sabar, dan tawakkal.
“Jika mau dipikirkan semua itu pasti stres. Tetapi intinya kenyamanan hati,” ujar female pemilik nama lengkap Hj Erni Budiman Palammai, anggota Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI).

Ia juga aktif di organisasi Ikatan Keluarga Anggota (IKA) DPRD Palopo. Maklum, ibu tiga anak ini istri dari Budiman, ST, anggota DPRD Kota Palopo.

Perempuan ini lahir di Songka tanggal 20 November 1973. Dari hasil perkawinannya dengan legislator PPP, lahir tiga orang anak. Anak pertama bernama Nabila Fajri Putri Budiman, Dwi Lestia Putri Budiman, dan Cantika Humaira Putri Budiman. Female kita satu ini, ternyata punya bakat modelling.

Ia Juara 2 Lomba Perempuan Cerdas dan Bertalenta 2005.
Ditemui di kediamannya, Kelurahan Songka, Kecamatan Wara Selatan, Kota Palopo, tepatnya Jalan Jenderal Sudirman, sore kemarin, ia dengan penuh kekeluargaan menceritakan secara gamblang tipsnya sehingga usaha yang dilakoni bisa eksis sampai sekarang. Termasuk ketika merantau ke Jakarta. Ke ibu kota negara, ia berkeinginan jadi model. Berawal dari setelah tamat SMA, ia hijrah ke Jakarta merantau. Niatnya ingin menjadi model.

Namun, sesampainya di ibu kota negara, Erni muda yang kala itu masih usia belia mengurungkan niatnya. Ia lalu beralih menjadi pelukis. Usaha inipun kandas. Dirasanya terlalu berat. Lalu, ia pun kembali ke kampung sambil membuka usaha gunting rambut dan tata rias. “Waktu itu usia saya masih 20 tahun. Jadi waktu muda saya sudah mandiri,” ungkapnya.
Ia pun mulai membangun usahanya tersebut. Kata dia, dalam mengembangkan usaha salon, harus enjoy. ”Itu saja,” ujarnya.

Untuk mengurus semuanya itu, kata Hj Erni tidak perlu dipikirkan sebagai beban. “Saya mengatur keluarga tanpa ada pembantu. Tetap saya juga bisa memasak buat anak-anak dan suami. Bagaimana saya bisa menenangkan suami agar tidak stres mengingat kerjaan sebagai anggota DPRD yang lumayan sibuk,” terangnya.

Dalam mengurus usahapun, lanjut Hj Erni, dirinya mengaku bisa tetap fokus. Bercerita dari awal akan usaha Salon Erni miliknya, tidak serta merta langsung besar seperti sekarang ini. ”Semua ada prosesnya,” terangnya.

Karena pekerjaannya berat dan hasil yang didapat tidak mencukupi, Hj Erni lalu kemudian hijrah ke bisnis dekorasi pengantin. Sampailah sekarang usaha dekorasi pengantin dan tata rias pengantin digelutinya. Bahkan semakin berkembang hingga ekspansi sampai keluar daerah.

Meski sibuk dalam mengurus usaha, kewajiban terhadap anak-anak juga tidak dilupakannya. “Alhamdulillah, anak pertama bebas tes mulai SD sampai SMA. Ini mau masuk kuliah dan maunya di Fakultas Kedokteran,” sebutnya.

Sebagai istri anggota DPRD, terkadang Hj Erni mengaku harus door to door mendampingi suami. Apalagi pemilihan legislatif 2019 sebentar lagi, Hj Erni pun juga semakin intensif mengkampanyekan suami agar bisa kembali lolos sebagai Anggota DPRD Palopo.(idr/ary)

Biodata :

Nama                        : Hj Erni Budiman Palammai
TTL                            : Songka, 20 November 1973
Suami                       : Budiman ST (Anggota DPRD Kota Palopo)
Anak                          : 1. Nabila Fajri Putri Budiman
2. Dwi Lestia Putri Budiman
3. Cantika Humaira Putri Budiman
Prestasi                    : Juara 2 Lomba Perempuan Cerdas dan Bertalenta 2005

Click to comment

Most Popular

To Top