Antisipasi Longsor di Jembatan Beringin Jaya – Palopo Pos
Luwu Utara

Antisipasi Longsor di Jembatan Beringin Jaya

MASAMBA — Longsor bisa terjadi kapan saja di jembatan gantung bagian utara dan selatan yangmenghubungkan dua desa yaitu desa Beringin Jaya dan Lembang Lembang Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara.

Masyarakat desa Lembang Lembang dan Beringin Jaya bersama Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Utara melakukan gotong royong pengerukan delta pasir di bagian selatan jembatan gantung desa Beringin Jaya.

Hal itu dikatakan Kalak BPBD Luwu Utara, Alauddin Sukri Minggu 11 Maret 2018.

“Ada sekitar 50 orang masyarakat ikut bergotong royong bersama Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Luwu Utara, Namun hasilnya pengerukan delta pasir kurang maksimal karena keterbatasan alat,” sebut Alauddin Sukri kemarin.

Lanjut Kalak BPBD, Alauddin Sukri, upaya pelurusan sungai akibat terbentuknya delta pasir yang berdampak pada pengikisan tebing sungai. Selain itu, juga semakin mendekati pilar tiang jembatan sisi sebelah utara jembatan sehingga kita membutuhkan alat berat (eskavator) untuk bisa melakukan pengerukan delta pasir tersebut.

Ia menambahkan, ada ratusan kubik pasir yang rencananya kita keruk karena dianggap menjadi penyebab terjadinya longsor atas arus air yang deras menghantam beijing jembatan gantung bagian selatan dan pilar jembatan bagian utara Desa Beringin Jaya.

”Jika ini dibiarkan maka akan terus meluas dan bahkan dapat mengakibatkan jembatan gantung ini roboh kembali,” katanya lagi.
Jembatan tersebut adalah salah satunya akses penghubung ke desa Lembang Lembang, Lawewe dan Limbong Wara.

Masyarakat berterima kasih atas upaya pemerintah membantu untuk pengamanan pilar jembatan sebelah selatan dengan bantuan pembuatan beijing beberapa waktu yang lalu.

“Masyarakat berharap agar Jembatan Beringin Jaya ini tetap menjadi perhatian pemerintah,” tutupnya.(mah-jun/rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top