Genjot PAD dari Sektor Pariwisata – Palopo Pos
Luwu

Genjot PAD dari Sektor Pariwisata

BELOPA — Pemerintah Kabupaten Luwu menggenjot sektor pariwisata sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD). Untuk itu sejumlah potensi objek wisata di Kabupaten Luwu akan dibenahi dengan melengkapi sarana prasarana pendukungnya.

Dikatakan Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Luwu, Rahmat S.Sos, M.Si, pemda memiliki sejumlah objek wisata yang layak dikembangkan sehingga dapat menjadi pundi-pundi PAD.

“Kabupaten Luwu kaya cengan sumber daya alam yang bisa dikembangkan menjadi objek wisata. Hanya saja memang faktor jarak yang selalu menjadi kendala dan sarana penunjang yang belum memadai. Makanya tahun ini kita kembali mengalokasikan anggaran untuk mempersiapkan sarana penunjang. Total jumlah anggaran untuk membenahi sektor pariwisata Kabupaten Luwu kurang lebih mencapai Rp1,865 miliar, ” kata Rahmat, Ahad 11 Maret 2018.

Rahmat menjelaskan, ada beberapa objek wisata yang tahun ini di intervensi Pemkab Luwu untuk dibuatkan fasilitas dasar, yaitu berupa tempat peristirahatan (gazebo) untuk para pengunjung dan menyiapkan pula tempat wudhu, toilet dan ruang ganti baju, maupun gapura atau pintu gerbang

Objek wisata yang mendapatkan perhatian dari Pemkab Luwu diantaranya, pengembangan destinasi air terjun Desa Riwang Selatan. Berupa pembukaan jalan pariwisata dan pembuatan MCK dengan memanfaatkan alokasi DAU. Sementara untuk pembjuatan gazebo dialokasikan untuk objek wisata air terjun sarassa sebanyak 2 unit, objek wisata pantai hutan mangrove Desa Temboe, objek wisata air terjun Siteba Kecamatan Walenrang utara, objek wisata sungai Pakkalolo Kecamatan Bua sebanyak 2 unit.

Dinas Pariwisata akan membangun area parkir objek wisata Buntu Matabing Kecamatan Larompong, pembuatan gapura air terjun Sarassa Kecamatan Latimojong, pembangunan gapura objek wisata pantai hutan mangrove, pembangunan gapura objek wisata bahari Buntu Matabing, gapura objek wisata Buntu La’ka Desa Mappetajang Kecamatan Bastem, pembuatan MCK objek wisata pantai hutan mangrove Desa Temboe, MCK di objek wisata Siteba Walenrang Utara serta MCK objek wisata sungai Pakalolo Kecamatan Bua. (and/idr)

Click to comment

Most Popular

To Top