Pasar Padang Sappa Butuh Pembenahan – Palopo Pos
Luwu

Pasar Padang Sappa Butuh Pembenahan

BELOPA — Masyarakat mempertanyakan pengelolaan sejumlah pasar tradisional kepada Pemda Luwu. Paslanya, banyak pasar yang dibiarkan terlihat kumuh dan terkesan jorok. Jauh dari konsep pasar higienis. Salah satunya adalah Pasar Padang Sappa

Pasar tersebut termasuk pasar tradisional paling yang cukup ramai. Bahkan turut memberi kontribusi signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Tetapi sangat disayangkan pasar yang terletak di belakang Polsek Ponrang Padang Sappa ini dibiarkan begitu saja, tidak tersentuh penataan dari pemerintah sehingga terkesan jorok.

Dari pantauan Palopo Pos, Ahad 11 Maret 2018, lokasi pusat perekonomian yang melibatkan penjual dan pembeli dari tiga kecamatan yakni Ponrang, Ponrang Selatan dan Bupon ini terlihat becek karena banyak jalan yang tergenang air. Banyak pelaku ekonomi di pasar tersebut mengeluhkan kondisi tersebut.

“Pasar ini sudah lama disini pak, tetapi lihat mi ki kondisinya, jalannya tidak diaspal dan kalau hujan muncul kubangan. Belum lagi kondisinya yang semraut. Seharusnya kan pasar ini ditataagar bersih pak. Pasar ini menjadi pusat perekonomian di Dapil wilayah Dapil III pak,” ungkap Rizal, salah seorang pengunjung pasar Padang Sappa.

Hal yang sama juga dikatakan, Ipul, salah seorang pemuda di Padang Sappa, mengatakan, pihaknya juga mempertanyakan aparat yang melakukan aktivitas menarik retribusi parkir di area pasar Padang Sappa setiap hari pasar. Pasalnya dilokasi pasar tersebut tidak tertata area parkir, dan terkesan tidak mendapat perhatian dari pemerintah.

“Lokasi pasar dan lokasi parkiran becek dan tidak ada upaya untuk dibenahi pak. Dilain sisi parkirannya juga kurang ditata, sehingga ada yang parkir di depan pedagang yang beraktivitas jual beli. Seharus pemerintah memberi fasilitaslah, lalu silakan tarik retribusi. Tetapi yang terjadi hari ini tidak demikian pak, ” kata Ipul.

Andi, salah seorang pemuda juga mempertanyakan, komitmen dan upaya wakil rakyat anggota DPRD Luwu di wilayah Kecamatan Ponrang, untuk mendesak Pemkab Luwu melakukan pembenahan pasar Padang Sappa.

“Setahu kami pak katanya ada jatah Dapil untuk anggota DPRD Luwu, harusnya mereka memasukkan kegiatan fisik jatah Dapil itu di pasar ini. Janganlah memasukkan jatah Dapil yang kurang bermanfaat. Sehingga ada kesan yang timbul mencari keuntungan proyek. Pasar Padang Sappa ini pusat ekonomi masyarakat pak. Seharusnya wakil rakyat memberi perhatian kesitu dululah, inikan untuk kepentingan masyarakat banyak,” kata Andi. (and/idr)

Click to comment

Most Popular

To Top