Akhir Maret, Pajak UMKM Turun 0,5 Persen – Palopo Pos
Ekonomi

Akhir Maret, Pajak UMKM Turun 0,5 Persen

* Akumindo: Faktor Modal Usaha yang Utama

JAKARTA-– Pemerintah terus mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Salah satu caranya dengan menurunkan tarif pajak penghasilan (PPh) dari 1 persen menjadi 0,5 persen.

Aturan tersebut bakal terbit pada akhir Maret ini “Ini sudah kami rapatkan tiga kali dan Insya Allah nanti akhir bulan ini pajaknya akan kita turunkan dari 1 persen menjadi 0,5 persen menjadi setengah persen,” kata Jokowi saat membuka acara Rapimnas Hipmi di Banten, Rabu 7 Maret 2018, lalu.

Dengan adanya rencana tersebut menurut Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo), bahwa penurunan pajak UMKM menjadi 0,5 persen tidak berdampak apa-apa terhadap pertumbuhan dan juga ketahanan dari UMKM.

“Hanya menurunkan biaya pajak. Jika ingin mendapatkan capaian kepada pertumbuhan UMKM yang jumlahnya lebih kurang 60 juta, maka dibutuhkan Badan Khusus atau Menteri UMKM agar bisa fokus Pembinaan terhadap UMKM,” ujar Ketua Umum Akumindo, Ikhsan Ingratubun dalam siaran persnya, Sabtu 10 Maret 2018.

Dijelaskan Ikhsan, pajak hanya setiap tahun, sedangkan setiap harinya aktifitas bisnis butuh permodalan yang cepat. “Dulu ada KUD yang terutama pengusaha mikro dapat dengan mudah mendapatkan modal usaha. Ini faktor yang sangat penting dalam menunjang pertumbuhan ekonomi lewat pembinaan UMKM,” sebutnya.

Tarif pajak PPh final diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2013. Sasaranya wajib pajak (WP) pribadi maupun badan yang punya usaha dengan omzet kurang dari Rp4,8 miliar dalam setahun. (idr/ikh)

Click to comment

Most Popular

To Top