Dinas Lingkungan Hidup Programkan TBSS – Palopo Pos
Metro

Dinas Lingkungan Hidup Programkan TBSS

PALOPO — Selain menyambut penilaian Adipura untuk tahapo kedua, Pemerintah Kota Palopo melalui Dinas Lingkungan Hidup (LH) juga memprogramkan Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS) se Kota Palopo. Dimana TBBS ini melakukan aktivitas pembersihan di seluruh wilayah di Kota Palopo.

Untuk itu, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan para camat serta lurah dan juga seluruh masyarakat Kota Palopo untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih TBSS serta dalam meraih piala Adipura tahun 2018 ini.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palopo, Drs Rachmad, M.Si, Senin 12 Maret 2018. Menurutnya, selain menyambut penilaian tahap kedua Adipura, ada kegiatan lainnya yakni TBSS. Makanya, sebut Rachmad, setiap camat dan lurah membuat aktivitas bersih-bersih sampah di wilayahnya masing-masing.

Sementara di sisi lain, yakni kegiatan Adipura dalam menyambut penilaian P2 di bulan Maret ini. Penilaian Adipuran tahap kedua ini sebutnya, dikarenakan pada penilaian pertama Kota Palopo sudah meraih nilai 75, sehingga layak untuk melangkah pada penilaian tahap kedua.

”Penilaian tahap pertama itu dibawah arahan dari Bapak HM Judas saat masih menjabat Wali Kota Palopo. Dan tahap kedua ini dibawah arahan dari Pjs Wali Kota, Bapak Andi Arwien. Dan kedua-duanya mengharapkan agar di tahun ini Kota Palopo bisa meraih Adipura,” jelas mantan Kepala Damkar ini kemarin.

Terkait penilaian tahap kedua Adipura, Rachmad menjelaskan ada 17 kelompok penilaian. Dimana ada 89 titik pantau se Kota Palopo.
Rachmad menjelaskan kelompok titik penilaian tersebut antara lain, perumahan dan pemukiman. Ada 16 perumahan yang dinilai se Kota Palopo.

Kelompok pasang surut. Itu satu titik pantau. Selanjutnya kelompok jalan, dimana ada 17 jalanan yang menjadi titik pantau tim nantinya. Kelompok lain ada dua pasar, yakni Pusat Niaga Palopo (PNP) dan Pasar Andi Tadda. Juga ada kelompok pertokoan, dimana ada empat daerah titik pantau pusat pertokoan di Kota Palopo.

”Untuk daerah perkantoran ada 16 kantor yang dinilai, sekolah ada 17 sekolah yang dinilai dari segala tingkatan, serta ada tiga Puskesmas yakni Wara, Wara Utara dan Wara Selatan, dan RSUD Sawerigading,” bebernya.

Untuk hutan kota, lanjutnya ada Sampoddo dan Bukit Lewadang. Taman kota ada dua yakni Taman Baca dan Taman Kirab, Terminal Dangerakko, sungai, TPA Mancani semua aspek yang ada dalam titik pantau,” tandasnya.(rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top