Februari, PA Cetak 35 Janda Baru – Palopo Pos
Kriminal

Februari, PA Cetak 35 Janda Baru

PALOPO— Pengadilan Agama (PA) Palopo mencetak 46 janda baru selama bulan Februari 2018. Itu sesuai data cerai gugat yang telah putus bulan lalu sebanyak 35 perkara, cerai talak 11 perkara. Sehingga totalnya 46 kasus.
Angka tersebut mengalami peningkatan dibanding bulan Januari 2018 lalu. Dimana, cerai gugat putus 29 kasus dan cerai talak putus 9 kasus. Jadi jumlah keseluruhan mencapai 38 kasus.

Panitera PA Palopo, Drs Muh Tahir SH, mengungkapkan memang ada peningkatan jumlah kasus cerai yang putus dari bulan Januari ke bulan Februari lalu. Itu sudah menjadi hal biasa di PA jika terjadi peningkatan jumlah perceraian.

“Peningkatan jumlah cerai tiap bulan sudah menjadi siklus dalam satu kalender. Tetapi kadang juga ada penurunan jumlah cerai dan itu jarang terjadi,” ujar Muh Tahir, Senin, 12 Maret 2018 di ruang kerjanya.
Lanjutnya, perkara cerai ini selalu didominasi oleh kaum hawa. Karena tiap bulan itu perkara cerai gugat lebih banyak yang putus dibanding cerai talak.

Menurutnya, faktor penyebab perceraian baik itu dari pihak istri ataupun suami ada beragam masalah. Namun di era saat ini yang sudah maju masalah istri gugat cerai suami karena didominasi faktor perselisihan. Seperti kurangnya perhatian suami kepada istri karena ada wanita lain.

“Perceraian yang terjadi sejatinya tidak dapat dihindari. Sebab, perceraian sudah menjadi ranah pribadi. Hanya saja, banyaknya perceraian perlu menjadi perhatian. Makanya, kami berusaha menyelamatkan rumah tangga mereka dengan jalan terlebih dulu lakukan mediasi,” ujarnya.

Walaupun tidak menyalahkan langkah yang diambil para penggugat cerai. Muh Tahir mengaku tetap ingin para suami dan istri dapat mempertahankan pernikahan mereka. Oleh karena itu, proses mediasi pun semakin digencarkan. Sebagai bentuk bantuan kepada pasangan yang ingin bercerai.
“Sangat perlu ditekan, sebisa mungkin mediasi, penasihatan, mediasi lagi dengan intensif. Begitu terus, sampai tidak jadi cerai,” katanya. (udy/ikh)

Click to comment

Most Popular

To Top