Selaraskan Program di Musrenbang RKPD 2019 – Palopo Pos
Luwu Utara

Selaraskan Program di Musrenbang RKPD 2019

MASAMBA — Guna menyelaraskan program dan sasaran pembangunan daerah Kabupaten Luwu Utara kedepan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2019.

Musrenbang RKPD 2019 dengan tema “Akselerasi Pengembangan Ekonomi Kerakyatan dan Penguatan Kualitas Manusia Dalam Peningkatan Daya Saing Daerah” dibuka secara resmi Bupati Luwu Utara, Hj Indah Putri Indriani, di Aula Lagaligo Pemkab Luwu Utara, Senin 12 Maret 2018.

Kepala Bappeda Luwu Utara, Rusdi Rasyid mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menyelaraskan program dan sasaran pembangunan daerah Kabupaten Luwu Utara dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan daerah.

Selain itu mengklarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada Pemkab Luwu Utara pada Musrenbang yang dilaksanakan pada tingkat kecamatan, mempertajam indikator kinerja program dan kegiatan prioritas daerah Luwu Utara, serta menyepakati prioritas pembangunan daerah serta program dan kegiatan prioritas daerah.

Masih kata Rusdy, kegiatan Musrenbang RKPD ini dibagi menjadi dua agenda yaitu pra Musrenbang dilaksanakan pada 8 Maret 2018 yang lalu dan kegiatan Musrenbang RKPD tahun 2019 yang sekarang ini dilaksanakan.

Bupati Luwu Utara, Hj Indah Putri Indriani mengatakan pelaksanaan Musrenbang RKPD 2019 sebagai salah satu tugas dan fungsi penyelenggaraan pemerintah dalam rangka pembangunan dan pelayanan.

“Jadi Musrenbang yang kita laksanakan pada hari ini akan menjadi pedoman kita dalam menyusun APBD 2019. Dimana ini merupakan salah satu tahapan dalam proses perencanaan yang dimulai dari tingkat desa dan kelurahan tingkat kecamatan sampai pada tingkat kabupaten. Selanjutnya Musrenbang tingkat provinsi tingkat regional dan tingkat nasional,” jelas orang nomor satu di Luwu Utara ini.

Forum Musrenbang ini, sebut Indah, merupakan kegiatan yang sifatnya rutin yang kita laksanakan pada awal tahun anggaran untuk meyusun perencanaa pembangunan yang dilaksanakan pada tahun berikutnya.

” Saya selaku Bupati Luwu Utara berharap kepada kita semua baik unsur pemerintah daerah para stakeholder dan para pemangku kepentingan secara bersama-sama merumuskan sekaligus menyepakati rancangan perencanaan pembangunan tahun anggaran 2019 yang akan datang,” sebutnya.

Indah melanjutkan, tema pokok pembangunan kita tetap pada penguatan ekonomi dan pelayanan dasar serta pembangunan infrastruktur penyediaan sarana dan prasaranan dan sekaligus mendorong tumbuhnya usaha mikro untuk meningkatkan daya saing daerah.

”Dalam rangka mengembangkan dan mencintai produk-produk lokal, maka saya canangkan gerakan cinta produk lokal,” tandasnya.
Sementara itu,
Kadis Perkebunan Provinsi Sulsel, Ir H Andi Parenrengi, MP menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh peserta yang telah meluangkan waktunya untuk menghadiri kegiatan Musrenbang RKPD 2019.

Menurutnya, pembangunan suatu daerah Bukan hanya tugas pemerintah saja namun seluruh masyarakat sebagai mitra pemerintah.

Melalui musrenbang RKPD tahun, 2019 ini dirinya berharap sinergitas pemerintah kab/kota dengan pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Musrenbang RKPD 2019 ini juga dihadiri anggota DPRD, Aris Bustamin, Sekkab Abdul Mahfud, Wakapolres Luwu Utara, Kompol Sukmana, perwira penghubung Mayor CBA Sengke, dan para staf Ahli Bupati, para asisten , pimpinan SKPD, para camat dan para kepala desa se Luwu Utara. (jun/rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top