UTI-Pro Kini Hadir di Palopo – Palopo Pos
Olahraga

UTI-Pro Kini Hadir di Palopo

PALOPO— Olahraga Universal Taekwondo Indonesia Profesional (UTI-Pro) kini telah hadir di Kota Palopo. Bahkan sudah memiliki kepengurusan cabang yang beralamat di Jl. Sawerigading No. 65 Palopo. Jumlah atletnya mencapai 75 orang.

Hal tersebut diungkapkan Pembina Provinsi UTI-Pro Sulsel, Rony Karonlee kepada Palopo Pos, Senin, 12 Maret 2018 kemarin. Ketua Cabang UTI-Pro Palopo adalah Nasir, dan Pembina adalah Maksum Runi
Atlet UTI-Pro menjalani latihan secara rutin dua kali dalam seminggu.

Tempat latihannya, masih berpindah-pindah dari sekolah ke sekolah lainnya. Seperti di SMPN 9 Palopo, SMPN 8, SMPN 4, SMK Kristen, SMAN 6, dan lantai II SaodenraE Convention Centre (SCC).

Baru-baru ini, tepatnya, 3-4 Maret 2018, pengurus UTI-Pro Palopo ikut ambil bagian pada Rakernas di Hotel Mega Anggrek, Jakarta, yang diikuti 34 pengurus UTI-Pro provinsi se Indonesia. Rakernas ini dibuka oleh Grand Master, Lioe Nam Khiong, pemegang DAN 9 yang juga pembina UTI-Pro pusat.

Pada Rakernas tersebut dipertegas bahwa UTI-Pro merupakan olahraga beladiri yang sah dan memiliki legalitas dari Kementerian Hukum dan HAM. UTI-Pro bernaung di bawah Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI). Kemenpora juga telah mendukung langkah UTI Pro untuk berkarya melahirkan atlit Taekowndo berprestasi.

Rakernas ini juga melahirkan sejumlah agenda kegiatan UTI-Pro selama tahun 2018. Pada 24-25 Februari Kejuaraan Lampung Open. Pada 3-4 Maret telah dilaksanakan Rakernas UTI-Pro di Jakarta. Pada 12-15 April akan diadakan Diklat KUKKIWON (induk Taekwondo seluruh dunia di Korea).

Lalu pada 21-22 April, mengikuti event Kejuaraan Internasional ke-16 Wata ICTO Championship 2018 di Jepang, Osaka. Pada 21-22 April, Kejuaraan Nasional Bupati Sleman Cup III 2018 di Jogya. Pada 12-13 Mei, Kejurwil I di Pangkalpinang dan Bangka Belitung. Pada 29-30 Juni, Kejurwil II di Manado yang rencananya akan diikuti Kota Palopo.

Kemudian pada 7-8 Juli, Batik Cup III di Pekalongan, Jawa Tengah. Pada 8-9 September, Kejurwil III di Surabaya. Lalu bulan Oktober, Best of Best 2018 Internasional KUKKIWON Cup II rencana diadakan di Jakarta (jadwal masih tentatif). Terakhir pada November 2018, International Paku Alam II di Jogya ditunda tahun depan.

”Khusus Kota Palopo, akan diadakan ujian kenaikan tingkat pada 18 Maret 2018 mendatang,” jelas Rony Karonlee.

Ditambahkan, UTI-Pro sudah ada di Palopo sejak tahun 2014. Pertama kali buka di STIKES Luwu Raya tapi berhubung mahasiswanya sibuk kuliah, UTI-Pro ini tutup. Namun sudah dikembangkan di beberapa sekolah. Dan rencananya, akan dibuka pula pada semua sekolah di Palopo.

Disamping itu, UTI-Pro sudah buka di Masamba, Kab. Luwu Utara. Ketua Cabang UTI-Pro Masamba adalah Tasman. Juga pernah buka di Malili, Lutim tapi sudah tidak aktif lagi.

Peminat UTI-Pro sekarang sudah banyak, bahkan orang tua juga mulai ikut. Adapun atlit berbakat, kalau lolos seleksi akan dikarantina dan disekolahkan di Sekolah Olahraga Ragunan, Jakarta untuk dibina menjadi atlet profesional.

”Kami juga akan mengadakan pelatihan pelatda di Palopo. Semoga pemerintah bisa mengabulkan agar kita bisa ikut kejuaraan nasional membawakan nama besar Kota Palopo,” terang Rony. (ikh)

Click to comment

Most Popular

To Top