Angkanya Hampir Pasti 15 Persen – Palopo Pos
Utama

Angkanya Hampir Pasti 15 Persen

*Direktur Operasi PT Taspen: Draf Gaji ASN Dipotong Masih Digodok

PALOPO — Kantor baru PT Taspen Palopo diresmikan Pjs Walikota Palopo, Andi Arwin Azis, kemarin. Kantor baru yang terletak di Jalan Andi Djemma menelan anggaran Rp9,37 miliar lebih.

Peresmian kantor yang mengurusi asuransi dan penyaluran dana pensiun ASN dihadiri Direktur Operasi PT Taspen Pusat, Ermanza. Di acara tersebut, ia sempat menyinggung wacana gaji ASN yang dipotong. Drafnya masih digodong kemenPAN-RB. Namun hampir pasti angkanya main di 15 persen.

Jadi, untuk pemotongan dana ASN sebesar 15 persen masih berupa wacana. Saat ini, kemenpan masih menggodok draftnya. Angkanya sudah hampir pasti 15 persen. ”Tapi, angka 15 persen tersebut tidak semuanya dibebankan kepada ASN. Jadi, ada semacam kombinasi. Sebagian ditanggung oleh ASN dan sebagiannya lagi ditanggung oleh negara,” ujar Ermanza, direktur operasi PT Taspen Pusat, dalam sambutannya, Senin 12 Maret 2018.

Rencananya, pemberlakuannya akan dilakukan tahun ini. Tapi, informasi yang berkembang di internal KemenPAN kemungkinan baru akan berlaku tahun 2020. ”Yang pastinya draftnya sudah digodok oleh kemenpan,” terang Ermanzah.

Terkait dengan PT Taspen Palopo, lanjut Ermanza, di bawah koordinasi kantor Cabang Utama Makassar, Sulawesi Selatan. Saat ini, kata dia, melayani 30.471 peserta aktif, serta 20.157 orang pensiunan dengan penyaluran dana Rp46 miliar setiap bulannya.

Dikatakannya, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, pihaknya melakukan berbagai inovasi. Ada dua inovasi yang diterapkan, yakni program Sejahtera Berkat Layanan Taspen Persero (Sahabat Latanro) melalui layanan Klaim Otomatis serta Simgaji ASN. Hal ini, kata dia, telah mendapat apresiasi dengan penghargaan sebagai 40 instansi pemberi layanan terbaik dari 7.000 inovasi instansi se Indonesia tahun 2017.
“Penghargaan tersebut diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB) beberapa waktu lau,” sebutnya.

Dijelaskan Ermanza, melalui layanan klaim otomatis para ASN diberikan kemudahan saat mengurus dana pensiunnya. Dengan layanan tersebut, dana pensiun para ASN dapat dicairkan setelah para ASN tersebut memasuki masa pensiunnya. ”Jadi begitu ASN pensiun, pada bulan berikutnya dirinya tidak menerima gaji, namun langsung mendapatkan dana pensiun.

Para ASN yang pensiun ini, mereka tidak perlu datang ke kantor cabang PT Taspen, Taspen sendiri yang akan mendatangi ke setiap instansi. Tinggal melaporkan diri ke setiap instansinya. Setelah pensiun, gaji ASN mereka, otomastis berubah menjadi gaji pensiun,” ujarnya.

Sementara itu, untuk aplikasi Simgaji Taspen hal ini dalam rangka membantu pemerintah kota. Dalam mempermudah proses pemberian gaji bagi para ASN di Indonesia. “Simgaji Taspen ini merupakan aplikasi yang dibuat untuk mendorong lebih seluruh pemerintah daerah, agar lebih mudah membayar pegawai tiap bulannya. Jadi, aplikasinya kami yang membuatkan, pemerintah daerah tinggal mengoperasionalkan saja,” ungkapnya.

Jadi, ada banyak inovasi yang diberikan. Bahkan, di Taspen, di seluruh cabang kantor yang ada diwajibkan memberikan layanan maksimal 1 jam saja. Lewat dari itu, maka Taspen memberikan sanksi bagi diri sendiri, untuk menyerahkan merchandise bagi konsumen.

Dari 7.000 inovasi instansi se Indonesia, Kemenpan-RB di tahun 2017 menetapkan PT Taspen sebagai salah satu 40 instansi pemberi layanan terbaik. ”Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo diminta meniru inovasi pelayanan yang dilakukan oleh PT Taspen (Persero) kepada masyarakat,” ujar Pjs Walikota, Andi Erwin, ketika meresmikan kantor baru PT Taspen yang menelan anggaran Rp9.375.000.000 di Jalan Andi Djemma Palopo, Senin 12 Maret 2018, kemarin.

PT Taspen sendiri dalam memudahkan ASN mengurus dana pensiun melakukan berbagai inovasi. Dimana dua inovasi unggulan mengantarkanya sebagai salah satu instansi terbaik Indonesia, yakni program Sejahtera Berkat Layanan Taspen Persero (Sahabat Latanro) melalui layanan Klaim Otomatis serta Simgaji ASN.

Dikatakan Arwin, prestasi PT Taspen ini, mestinya menjadi contoh bagi ASN dalam memberikan layanan terbaik kepada warga. Sebagai tuan rumah, agak malu rasanya kalah inovasi dengan BUMN. “Untuk itu, kami atas nama Pemkot, sangat terbuka adanya untuk sharing inovasi dan belajar tentunya dengan BUMN-BUMN yang ada,” sebut Arwin.

Keberadaan PT Taspen di Kota Palopo ini merupakan sebuah upaya, untuk memperpendek jarak dan memudahkan pelayanan terhadap enam wilayah cakupan, yakni Kota Palopo, Luwu, Lutim, Lutra, serta Tana Toraja, dan Toraja Utara. Mestinya para ASN dan pensiun turut bersyukur karena, sejak dari pegawai hingga pensiun itu dilayani.

“Bahkan yang menarik, untuk pensiunan tidak mesti lagi mendatangi kantor Taspen untuk mengurus, malah didatangi. Bahkan, layanannya ditetapkan hanya satu jam, lewat dari itu, mereka diberi sanksi harus berikan merchandise, ini mestinya jadi contoh bagi kami, layanan satu jam,” ungkapnya.

Ditambahkannya, peresmian kantor baru PT Taspen ini, merupakan rahmat, baik bagi PT Taspen itu sendiri maupun bagi Kota Palopo dan daerah lainnya. Ditambah lagi dengan penyerahan bantuan motor pengangkut sampah oleh PT Taspen sebanyak empat unit. Jujur saja, kendaraan seperti ini, di saat-saat ini, memang sangat dibutuhkan, dalam upaya Kota Palopo gencar-gencarnya mengejar piala Adipura.

Sementara itu, Kepala Kantor PT Taspen Palopo, Gideon Bandah menyampaikan bahwa sesungguhnya PT Taspen Palopo telah beroperasi sejak tiga tahun lalu di Jalan KH Ahmad Razak dengan status gedung sewa. Sementara gedung yang baru ini telah ditempatinya sejak 26 Februari 2018 lalu.

“Jadi gedung ini dikerja sejak akhir Januari 2017 lalu, jadi pengerjaan gedung ini oleh pusat sekitar 1 tahun 2 bulan, syukur kita sudah bisa menempati dengan gedung yang lebih representatif,” sebutnya.

Untuk diketahui, pada kantor baru Taspen terdiri dari dua lantai. Dengan memiliki beberapa ruangan yang representatif. Misalnya, ruang pelayanan, ruang rapat, aula kantor, ruang server, ruang kerja dengan berbagai fasilitas lainnya.

PJs Wali Kota dan Pimpinan PT Taspen pun melakukan peninjauan ruangan-ruangan yang ada. Turut hadir pada peresmian kantor baru PT Taspen Palopo, Manajer Utama Divisi Kepesertaan Taspen, Tuti Nurbaiti, Kepala Kantor Cabang Utama Makassar, Khairul Rasidi, Sekkot Palopo, H Jamaluddin Nuhung, Sekkab Luwu, Syaiful Alam, Rektor IAIN Palopo, Dr Abdul Pirol, M.Ag, unsur muspida, pimpinan OPD Kota Palopo serta para undangan. (ich/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top