Dua Ruang Kelas SD Saronda Diterjang Longsor – Palopo Pos
Luwu

Dua Ruang Kelas SD Saronda Diterjang Longsor

BELOPA — Para guru di SDN 632 Saronda di Dusun Salumbu Desa Saronda, Kecamatan Bajo Barat sejak pekan lalu harus meniadakan proses belajar mengajar terhadap 27 murid kelas V dan kelas VI sekolah tersebut. Hal ini dilakukan menyusul dua ruang kelas mereka diterjang tanah longsor akibat hujan deras.

Dari pantauan harian Palopo Pos, hujan deras yang terus menerus mengguyur Kabupaten Luwu berdampak pada fasilitas pendidikan di Kecamatan Bajo Barat, tepatnya SDN 632 Saronda, dimana dua unit kelas disekolah tersebut terancam rusak karena diterjang tanah longsor dibelakang sekolah tersebut.

Kepala SDN 632 Saronda, Hijrah SPd mengatakan, tanah longsor yang menimpa ruang kelas V dan kelas VI terjadi karena hujan yang turun terus menerusdan membuat kondisi tanah disekolah yang memang berada di ketinggian menjadi labil dan akhirnya longsor.

“Material tanah longsor ini langsung mengenai tembok dinding ruang kelas V dan kelas VI hingga setingg ilebih dari 1 meter. Kondisi ini membuat dinding kelas tersebut retak, ” kata Hijrah, Selasa 13 Maret 2018.

Hijrah mengatakan, tidak ingin mengambil risiko keselamatan para peserta didiknya, murid kelas V sebanyak 13 orang dan murid kelas VI sebanyak 14 orang harus ia pindahkan untuk mengikuti pelajaran dengan menggunakan ruangan perpustakaan.

” Kami berharap ada perhatian pemerintah secepatnya. Karena anak-anak kami harus kembali belajar dikelasnya. Saat ini kami takut mengembalikan ke kelas mereka karena jangan sampai terjadi longsor susulan bisa merobohkan dinding kelas yang nota bene sudah retak diterjang material tanah longsor, ” Kata Hijrah seraya mengatakan, longsor yang terjadi pada Rabu malam lalu itu, adalah yang kelima kalinya dan paling parah, karena sebelumnya juga sudah terjadi longsor beberapa kali dibelakang sekolah yang nota bene lahannya adalah perbukitan dan rawan longsor. (and/idr)

Click to comment

Most Popular

To Top