IRT Dilatih Gunakan Medsos Kembangkan UMKM – Palopo Pos
Metro

IRT Dilatih Gunakan Medsos Kembangkan UMKM

PALOPO — Sebanyak 50 orang kaum perempuan yang bergelut dalam pengembangan UMKM dibina dalam bimbingan teknis literasi pemanfaaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) guna menunjang usaha yang mereka geluti atau sementara dirintis.

Dimana mereka dilatih agar memanfaatkan TIK atau akun media sosial dalam menjalankan usahanya guna meningkatkan kesejahteraan keluarganya.
Acara tersebut dilaksanakan sehari di Hotel Harapan Palopo, Selasa 12 Maret 2018.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan SDM Kominfo Makassar bekerjasama Kominfo Palopo ditujukan bagi pelaku UMKM atau para ibu yang merintis usaha agar dapat memanfaatkan TIK dalam menunjang serta memajukan usahanya.

Menurut Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan SDM Kominfo Makassar, Ir H Ruslan Harun, M.Si, kegiatan literasi TIK bagi kaum ibu rumah tangga dilaksanakan pihaknya berkesinambungan sejak tahun 2015.
“Tiap tahunnya kami latih sebanyak 250 kaum ibu rumah tangga agar mereka memanfaatkan TIK dalam mengembangkan usaha mereka.

Dan Alhamdulillah diantara sekitar 100 kabupaten /kota yang masuk wilayah binaan balai besar bersyukur karena di Sulsel kita dapat laksanakan salah satunya di Kota Palopo,” ujar Ruslan Harun saat menyampaikan sambutannya.

Ruslan berharap agar Pemkot Palopo dapat menindaklanjuti kegiatan literasi tersebut dalam bentuk pembinaan bagi kaum ibu pelaku atau perintis UMKM sehingga dengan demikian dapat membantu upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Ruslan juga menekankan bahwa pembangunan infrastruktur di daerah hendaknya dibarengi dengan penguatan dan peningkatan kualitas SDM. Demikian pula sebaliknya agar pembinaan SDM harus ditopang dengan keberadaan infrastruktur yang memadai pula..

Sementara itu, Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Palopo, Andi Arwin Azis, S.STP mengatakan selama ini sebagian kaum ibu diidentikkan suka bergosip. Untuk itu, dia berharap agar setelah pelaksanaan bimtek kaum ibu lebih produktif dengan melakukan hal-hal positif bagi diri dan lingkungannya.

”Saya juga berharap kepada kaum ibu agar selalu menyikapi dan mengolah informasi secara bijak untuk menghindari dampak negatif. Tidak sedikit konflik terjadi diakibatkan oleh pengelolaan informasi yang kurang baik dan bijak,” kata Arwin seraya mengingatkan kepada peserta bimtek literasi TIK bagi kaum ibu untuk bersama-sama menjaga kondusifitas Kota Palopo menjelang Pilkada 2018 termasuk Pileg dan Pilpres 2019 melalui pemanfaatan media informasi secara bijak.

Pelatihan literasi TIK yang mengusung tema “membangun masyarakat yang berpengetahuan melalui literasi informasi dan komunikasi” tersebut menghadirkan sejumlah narasumber, diantaranya Drs H Syahruddin yang menyampaikan materi tentang internet sehat dan aman. Dan Muklis Amin yang memaparkan materi tentang pemanfaatan market place untuk pemasaran produk online.

Turut hadir dalam kesempatan itu diantaranya Staf Ahli Wali Kota, DR H Suyuti Yusuf dan perwakilan Dinas Koperasi dan UMKM Palopo, Dorkas .(rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top