Mahasiswa Asal Desa Lera Wakili Indonesia – Palopo Pos
Luwu Timur

Mahasiswa Asal Desa Lera Wakili Indonesia

* Ajang Kompetisi The 17th Malaysia Technology Expo 2018

MALILI — Kabupaten Luwu Timur patut berbangga memiliki putra terbaik berhasil mengharumkan nama Indonesia khususnya Luwu Timur.

Pasalnya, baru-baru ini mahasiswa asal Lutim tepatnya warga Dusun Sekayu, Desa Lera, Kecamatan Wotu, yang menimbah ilmu di Institut Teknik Surabaya (ITS) bernama Girsang Garsiman tersebut, mewakili Indonesia mengikuti kompetisi The 17th Malaysia Technology Expo 2018, yang diselenggarakan di Putra World Trade Centre, Kuala Lumpur, Malaysia.

Alhasil, melalui persaingan yang begitu ketat Girsang berhasil meraih Merit Award.

Diketahui, Girsang Garsiman merupakan putra kedua pasangan Ir. H. Zainuddin, M.Si dan Ir. Hj. Astuti V. Gobel yang keduanya merupakan Civil Engineering serta Architecture Engineering.

Sebelumnya, pada ajang tersebut Girsang tergabung dalam Tim Antasena ITS ajang show-off bagi puluhan negara dari seluruh dunia, untuk menampilkan karya-karya teknologi terbaik buatan mahasiswa.

Kompetisi tersebut juga dihadiri oleh ratusan Investor dan pemilik perusahaan teknologi dalam ajang expo teknologi terbesar di Malaysia tersebut.

Tim Antasena ITS menampilkan inovasi teknologi bernama Antasena Vledec, sebuah perangkat skala riset dengan level purwarupa, yang difungsikan sebagai pemecah molekul-molekul gas rumah kaca (seperti CO, SOx, dan NOx), sehingga mampu terurai secara fisik menjadi gas-gas yang lebih ramah lingkungan. Ini dilakukan dengan memanfaatkan Plasma Non-thermal (PNT) yang memiliki voltase output sekitar 12-15 KV per reaktornya.

Tak hanya itu, Teknologi ini rencananya akan diterapkan pada kendaraan bermotor dan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).

Alhasil, beberapa perusahaan besar, seperti Shell mengungkapkan bahwa teknologi tersebut sangat menarik dan menjanjikan bagi dunia pertambangan dan perminyakan, untuk mengontrol dan monitoring emisi dan limbah gas buang.

Dari pencapaian hasil yang diraih putra terbaik Luwu Timur ini, tentu tak terlepas dari dukungan, doa dan didikan kedua orang tua.

H. Zainuddin selaku orang tua girsang menceritakan bahwa sejak masih di SD, SMP anak kami ini (Girsang-red) ini telah memperlihatkan talentanya dalam bidang rekayasa engineering, dibuktikan dengan kemampuannya dalam membuat gambar, bangunan dan mobil meskipun dalam bentuk purwarupa. Makanya, ketika tamat SMPN 1 Masamba, selaku orang tua kami arahkan untuk masuk di SMA yg berkualitas yakni di SMAN 2 Tinggi Moncong, terangnya kepada Palopo Pos, Selasa 12 Maret 2018.

“Alhamdulillah setelah mengikuti seleksi masuk dan dinyatakan lulus dan diterima sebagai siswa SMAN 2 Tinggi Moncong di Malino,” ucap Bang Jay sapaan akrab Zainuddin.

Lanjutnya, selama tiga tahun menempuh pendidikan di SMAN 2 Tinggi Moncong selalu menjuarai berbagai lomba baik skala lokal, regional dan nasional bahkan mendapat undangan di Universitas Indonesia untuk mempresintasekan hasil karya ilmiahnya, bebernya.

Selama di SMA sebagai orang tua senantiasa memberikan motovasi untuk selalu menjadi yang terbaik, dengan melihat potensi wilayah Lutim dalam sektor pertambangan maka Girsang kami arahkan untuk menempuh pendidikan pada bidang teknik material dan metalurgi, ungkap Bang Jay.

“Setelah tamat SMA Girsang diterima di ITS Surabaya melalui jalur undangan (bebas test) dan Alhamdulillah di akhir Februari 2018 mewakili Indonesia mengikuti lomba di Kuala Lumpur Malaysia dan berhasil meraih Merit Award,” kuncinya. (Cr1/idr)

Click to comment

Most Popular

To Top