Nunggak Rekening Air, OPD akan Disanksi – Palopo Pos
Metro

Nunggak Rekening Air, OPD akan Disanksi

-Arwin: Laporkan ke Saya!

PALOPO — Ini peringatan keras bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintahan Kota (Pemkot) Palopo bagi yang menunggak rekening airnya. Pasalnya, Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Palopo, Andi Arwin Azis, SSTP akan memberi sanksi tegas.

Hal itu diungkapkan Andi Arwin saat melakukan silaturrahim dengan segenap jajaran Perusahaan Air Minum Tirta Mangkaluku (PAM TM) Kota Palopo, Selasa 13 Maret 2018. Silatulrahmi diawali dengan peninjaun Instalasi Pengolahan Air Minun (IPAM) Latuppa didampingi Plt Sekkot Palopo, Jamaluddin Nuhung.

Disebutkan oleh Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Provinsi Sulawesi Selatan, jika seharusnya instansi pemerintah dilingkup Pemkot Palopo seharusnya bisa menjadi pelopor dan panutan dalam kelancaran membayar rekening air.

“Tentu sangat ironis jika ada instansi pemerintah yang menunggak rekening air. Justru merekalah yang seharusnya membantu PAM TM agar bisa menjadi perusahaan aset daerah untuk tumbuh lebih besar,” ujar Andi Arwin di sela-sela kunjungannya di PAM TM kemarin.

Maka dari itu dirinya meminta pihak PAM TM untuk melaporkan instansi dilingkup Pemkot Palopo yang sering menunggak air.
“Tolong data terbarunya disampaikan ke saya instansi mana yang airnya menunggak,” tegasnya.

Disebutkannya dirinya akan memberi sanksi tegas terhadap pimpinan instansi yang menunggak rekening air. Meski demikian Andi Arwin tidak menyebutkan seperti apa sanksi yang akan diberikan.

“Kalau bentuk sanksinya itu akan kita pertimbangkan seperti apa, namun yang jelas ini bagian dari upaya kita untuk mendorong agar tunggakan rekening air PAM TM khususnya oleh instansi pemerintah di Kota Palopo bisa dilakukan,” harapnya.

Maka dari itu ia berharap instansi pemerintah ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat pelanggan PAM TM menjadi patuh dan tepat waktu dalam membayar rekening air. Sehingga PAM TM bisa menjadi lebih sehat dan pelayanannya juga akan semakin baik dari waktu ke waktu.

Pada kesempatan itu pula Ia menyampaikan apresiasi kepada Dewan Direksi, Dewan Pengawas dan jajaran manajemen serta seluruh karyawan PAM TM atas apa yang telah dicapai selama ini terkhusus dalam melayani kebutuhan air bersih masyarakat Kota Palopo.

“Banyak PDAM di Sulawesi Selatan yang telah saya kunjungi, namun di PAM TM ini saya melihat pengelolaan perusahaan air minum yang benar-benar sangat baik. Pantas PAM TM banyak mendapat penghargaan,” pujinya.
Ia pun berpesan agar pihak PAM TM mampu mempertahankan apa yang telah dicapai selama ini. “Bahkan harus lebih ditingkatkan lagi terutama dari segi kualitas pelayanan,” ungkapnya.

Andi Arwin di depan Jajaran PAM Tirta Mangkaluku mengatakan tugas utamannya selaku Pjs adalah memimpin urusan utama pemerintahan Kota Palopo menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat Kota Palopo, memberikan akselerasi peningkatan layanan Pemerintahan.
Ia juga berharap agar kesejahteraan pegawai/karyawan agar diperhatikan dan merangkul semua karyawan terutama yang terdepan dalam memberikan pelayanan. Jangan hanya jajaran Direktur atau Direksi yang sejahtera.

”Juga bagaimana meningkatkan inovasi pelayanan kepada masyarakat dan kualitas layanan dipertahankan dan kalau perlu ditingkatkan,” pesannya, seraya menambahkan agar menambah slogan Jaga Keselamatan Kerja ditambahkan dengan Ayo Kita Salat Berjamaah.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) PAM TM, Yasir berterima kasih atas kunjungan yang dilakukan oleh Pjs Wali Kota. Selain itu pihaknya juga berterimakasih atas berbagai saran dan masukan serta pujian yang disampaikan Andi Arwin.

“Saran dan masukan ini tentu
akan menjadi hal yang sangat berharga bagi kami dalam mengelola dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Sementara pujian ini akan menjadikan kami semakin rendah hati dalam melayani,” ucap Yasir.

Dikatakannya ke depan pihaknya akan menjadikan tunggakan rekening air menjadi salah satu program skala prioritas untuk diselesaikan, “Sehingga tuggakan ini bisa diminimalisir,” pungkasnya.(rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top