BAF, Satu-satunya Leasing Tidak Pakai Debt Colector – Palopo Pos
Ekonomi

BAF, Satu-satunya Leasing Tidak Pakai Debt Colector

PALOPO— Perusahaan pembiayaan Bussan Auto Finance (BAF) Syariah merupakan satu-satunya leasing yang tidak memakai debt colector di Kota Palopo. Jika ada nasabah menunggak, disampaikan ke notaris untuk diberi surat teguran pertama sampai tiga.

Kalau masih menunggak, dilaporkan ke pengadilan untuk diterbitkan surat penarikan barang jaminan.

”Itu pun tidak serta merta ditarik. Kadang kita masih negosiasi dengan nasabah sehingga dalam penyelesaian tunggakan, tidak ada pihak yang dirugikan.

Misalnya, barang jaminan tarikan dilelang kepada nasabah yang bersangkutan. Dengan demikian, pihak leasing tidak rugi, nasabah pun tetap memiliki barang yang sudah dibayar cicilannya sampai beberapa bulan,” terang Kepala Cabang BAF Syariah Palopo, Israruddin yang ditemui Palopo Pos di kantornya, Jl. Mangga, Selasa, 20 Maret 2018 kemarin.

Metode seperti itu dilakukan karena BAF dalam menjalankan bisnisnya tidak mau melanggar ketentuan perundang-undangan, utamanya aturan mengenai fidusia, serta aturan-aturan yang ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

”Salah satu aturan OJK yang tidak boleh dilanggar adalah bahasa iklan terkait kredit harus sama dengan layanan leasing kepada nasabah. Kalau bahasa iklannya satu hari kredit cair, maka ketika dianggap layak, maka hari itu juga wajib kredit nasabah dicairkan,” terang alumni STIE Muhammadiyah Palopo.

Lanjut Isra –sapaan akrab Israruddin–, BAF yang merupakan leasing resmi motor Yamaha tak hanya membiayai pembelian motor bertagline ”Revs Your Heart, Semakin di Depan”.

Tapi juga merupakan pembiayaan syariah multiguna untuk kredit modal usaha, renovasi rumah, biaya kesehatan, dan biaya pendidikan dengan jaminan BPKB. Juga program BAS Bisa untuk kredit alat pertanian seperti traktor, mesin pemotong padi, dan sebagainya.

Besarnya nilai kredit yang dilayani BAF mulai dari yang terendah yakni Rp2 juta hingga yang tertinggi Rp20 juta. ”Bunganya paling rendah di antara semua leasing yang ada di Palopo,” tandas Isra. (ikh)

Click to comment

Most Popular

To Top