Cintai Pekerjaan, Semua Terasa Mudah – Palopo Pos
FEMALE

Cintai Pekerjaan, Semua Terasa Mudah

Junita Anjar Lestari S.S
Lurah Pontap, Kecamatan Wara Timur

Menjalani tugas sebagai seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) sekaligus sebagai Kepala Kelurahan Pontap, membuat Junita Anjar Lestari S.S harus pintar-pintar membagi waktu. Terkadang waktu untuk melayani masyarakat lebih banyak ketimbang urusan rumah tangga.

“Cukup berat kalau tidak dicintai pekerjaan itu. Dengan cinta, yang susah terasa mudah,” kata Ibu dari 1 orang putri ini, Jumat 23 Maret 2018 di Kantor Kelurahan Pontap.

Hal tersebut, menurut Anjar bisa dianalogikan, ketika Kita senang dengan bunga. Pastinya akan berusaha menjaga, memupuk agar tumbuh subur. Begitu juga dengan pekerjaan.

Pola kerja sebagai Ibu Lurah, kata Anjar, harus selalu ada bagi masyarakat. “On call 24 jam. Ini bagian bagaimana wanita bisa menyumbangkan karya dan tenaganya untuk bangsa,” ungkapnya.

Sejak dilantik sebagai Lurah Pontah 2 tahun lalu. Anjar langsung membuat 4 program strategis terhadap masyarakat. Program tersebut, Pertama, Happy Posyandu. Yakni, setiap hari Posyandu saling berbagi dengan balita, lansia, dan ibu hamil. Selain itu, ada senam lansia, ibu hamil, bagi balita mendapat balon serta makanan ringan usai dari Posyandu.

Program Kedua, Safety Saturday. Maksudnya, bersama Bhabinkamtibmas, dan Bhabinsa, Ketua RT/RW berpatroli setiap malam Minggu keliling Kelurahan Pontap memastikan keamanan lingkungan. Program Ketiga, Minggu bersih. Yaitu, setiap Hari Minggu dilakukan edukasi masyarakat untuk membersihkan lingkungan, dan Program Keempat adalah, Jumat Bersih.

“Saya merasa di Pontap ini adalah keluarga kedua setelah yang ada dirumah. Jadi betul-betul masyarakatnya ramah dan inovatif,” sebutnya.

Meski dipimpin seorang perempuan, tetapi Kelurahan Pontap berhasil menorehkan berbagai prestasi. Seperti mendapat penghargaan dari Kapolres Palopo tentang Kepedulian Kamtibmas. Selain itu, di Kelurahan Pontap juga dinobatkan ada Kampung KB. Yang masyarakatnya sungguh kreatif. Berbagai hasil produk usaha kecil dihasilkan di Kampung KB, seperti membuat parfum, sabun, dan menjahit.

“Ada loh hasil jahitan dari warga di Kampung KB dipakai ibu anggota dewan, bahkan Saya juga pakai. Rapi caranya membuat baju,” ungkap alumni Unhas Jurusan Sastra ini.

Sebelum menjadi Lurah, Anjar sebelumnya ditempatkan pada Humas Pemkot Palopo bagian penerjemah Bahasa Inggris. Atas prestasinya di Humas, Anjar bergeser menjadi Kasi di Kelurahan Lebang, lalu menjadi Sekertaris Lurah di Batu Pasi, dan saat ini dipercaya menjabat Lurah Pontap. (idr)

Biodata

Nama                           : Junita Anjar Lestari S.S
TTL                               : Malili, 7 Agustus 1988
Suami                           : Muh Yasin
Anak                             : Dana Dipa (4 tahun)
Jenjang Karir              : – Humas Pemkot Palopo
– Kasi di Kelurahan Lebang
– Sekertaris Lurah Batu Pasi
– Lurah Pontap
Prestasi                       : – Mewakili Indonesia Lomba Pidato Bahasa Melayu di Malaysia
– Penghargaan Kapolres Palopo Tentang Kepedulian Kamtibmas

Click to comment

Most Popular

To Top