Akibat Longsor Akses Jalan Lumpuh – Palopo Pos
Toraja

Akibat Longsor Akses Jalan Lumpuh

*Kendek Rante Sayangkan Sikap Pemkab Tator

MAKALE—Bencana longsor yang terjadi di Dusun Tangti, Kecamatan Mengkendek pekan lalu akibat diguyur hujan lebat. Akhirnya ditinjau Wakil Ketua DPRD Tana Toraja Kendek Rante, Senin, 26 Maret 2018.

Hingga kini belum adanya upaya pembersihan material longsor yang menutupi badan jalan dari Pemkab Kabupaten Tana Toraja, menyebabkan akses jalan ke Lembang Gasing sudah sepekan lumpuh.

Kepada Palopo Pos, Kendek Rante dilokasi longsor mengatakan, idealnya pihak Pemkab Tana Toraja melalui OPD Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) segera mengambil langkah cepat. Sehingga akses jalan ini dapat dilalui oleh masyarakat.

“Jika jalan ini tidak segera dievakuasi oleh dinas terkait maka sangat disayangkan karena jalan ini akses menuju ke kota Makale,” ujarnya.

Meski demikian, lanjut Kendek Rante, pihak BPBD sudah ada aksi dilapangan setelah dilaporkam ke bupati atas kejadian longsor. Pasalnya, jika hujan lebat kembali terjadi longsor susulan lebih parah, sebab Tongkonan Pa’danan, rumah penduduk dan poskesdes terancam terseret longsor, kata Kendek Rante.

Tony salah satu Tokoh Pemuda Tangti menambahkan, longsor yang terjadi ini kurang lebih 100 meter panjangnya dan melalui kepala lembang telah dilaporkan ke wakil bupati untuk mendapat perhatian, terangnya.

Terpisah, kepala BPBD Alfian Andi Lolo menjelaskan bahwa pihaknya sudah meninjau longsor di Tangti sekitar 11 km dari Makale.

“Pekan ini pembersihan material sudah dilakukan atas perintah wabup,” singkat Alfian. (rp2/udy)

Click to comment

Most Popular

To Top