Jacobus Siap Kembali Bertarung di Pileg 2019 – Palopo Pos
Toraja

Jacobus Siap Kembali Bertarung di Pileg 2019

RANTEPAO—Mantan Anggota DPR RI Periode 1999-2009 Jacobus K Mayongpadang dari PDI Perjuangan, siap untuk kembali bertarung pada Pileg 2019 mendatang, untuk mewakili dapil III Sulawesi Selatan.

Politisi senior PDI Perjuanga ini ditemui saat diacara kedukaan di Lembang Salu Kecamatan Sopai, Toraja Utara.

Kepada Palopo Pos, Rabu, 28 Maret 2018 Bung Kobu’ sapaan akrabnya terkait persiapannya untuk kembali maju di Pemilihan Legislatif (Pileg)Tahun 2019, menjelaskan bahwa ia kembali mencalonkan diri. Karena rindu melanjutkan banyak pekerjaan yang masih tertunda. Terutama mebuka jalur ke daerah-daerah terisolir.

“Membuka akses ke daerah terisolir menjadi konsentrasi saya karena tidak ada yang serius untuk itu. Tidak ada yang serius karena tidak paham apalagi merasakan penderitaan warga di daerah-daerah terisolir seperti Padang Allam, sebagian besar wilayah Mamasa, Kalumpang, Bastem, apalagi Seko dan Rampi,” ujarnya.

Lanjutnya, warga di wilayah tersebut menderita sejak lahir sampai akhir hayat. “Saya tahu dan saya rasakan karena saya berasal dari wilayah ini dan sering mengunjunginya termasuk jalan kaki.

Dulu saat masih duduk di parlemen, teman-teman DPR ke luar negeri saya justru ke pelosok-pelosok terpencil. Bahkan jalan kaki agar melihat secara langsung keadaan di lapangan,” tandasnya.

Solusinya hanya satu, akses jalan harus dibuka. Itulah sebabnya tahun 2005 dirinya mempertemukan 12 pemerintah kabupaten. Dan pertemuan itu di Rantepao dihadiri Ketua Banggar DPR RI dan sejumlah anggota DPR RI Komisi V.

Intinya membicarakan jalur untuk menghuhungkan ke 12 kabupaten sehingga wilayah yang terisolir terbuka. Juga mengusulkan jalur Toraja-Mamuju, Mamuju-Masamba menjadi jalan nasional.

“Sayangnya 2009 saya tidak kembali ke Senayan sehingga terhambat. Karena itu saya harus berjuang untuk kembali ke Senayan,” ungkap Bung Kobu’.(rp2/udy)

Click to comment

Most Popular

To Top