Jurnalis Online Tertangkap BNNK Tator – Palopo Pos
Toraja

Jurnalis Online Tertangkap BNNK Tator

*Bersama Enam Tersangka Narkoba Jenis Sabu

MAKALE—Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tana Toraja AKBP Dewi Tonglo menggelar Konfrensi Pers terkait penangkapan tujuh orang tersangka pemakai narkoba jenis sabu di kantor BNNK Makale Tana Toraja, Selasa, 3 April 2018.

Terkait dengan penangkapan tersebut Dewi Tonglo dihadapan puluhan jurnalis cetak, online dan elektronik menjelaskan bahwa pada hari Kamis, 29 Maret 2018 lalu sekitar pukul 18.45 Wita, BNNK Tana Toraja berhasil mengungkap peredaran narkotika jenis sabu di Rantepao Kabupaten Toraja Utara.

“Kasus ini terungkap berkat informasi yang didapatkan dari masyarakat bahwa disalah satu rumah kost di jalan S Parman sering terjadi penyalahgunaan narkotika golongan I jenis sabu,” ujarnya.

Berdasarkan informasi tersebut petugas BNN Tana Toraja dengan di backup anggota Kodim 1414 Tana Toraja melakukan penyelidikan.

Dan akhirnya berhasil menangkap seorang laki-laki inisial YR (34) tahun, saat yang bersangkutan sedang bersiap-siap berangkat ke Makassar untuk merayakan hari raya Paskah bersama keluarganya.

Lanjutnya,

dari keterangan YR diketahui bahwa ia berprofesi sebagai jurnalis disalah satu media online di Toraja, pungkas AKBP Dewi Tonglo.

Pada saat penangkapan langsung dilakukan tes urin dan hasilnya positif mengandung zat methamfetamine yang terkandung didalam narkotika golongan I jenis sabu.

Selanjutnya dilakukan penggeledahan dikamar YR dan berhasil ditemukan 1 (satu) sachet plastik kecil berisi narkotika jenis sabu siap komsumsi yang disimpan dibawah kardus. Serta ditemukan pula alat isap dan satu unit handphone.

Setelah dilakukan introgasi oleh petugas BNNK Tana Toraja, YR mengakui bahwa mengkonsumsi sabu dikamar kostnya bersama dengan temannya berinisial AS. Sehingga

BNNK melakukan pengembangan terhadap tersangka AS dan setelah di lakukan penyelidikan selama dua hari.

Alhasil, pada hari Sabtu, 31 Maret 2018, berhasil diamankan tersangka AS dengan tersangka YP, yang sedang bertransaksi di warung bakso Malango’. Ditemukan barang bukti pada AS berupa 2 sachet kecil sabu dan handphone.

Sementara pada diri YP ditemukan uang sejumlah Rp4.172.000.

Selanjutnya dilakukan penggeledahan terhadap rumah YP, dan didalam kamar YP ditemukan 5 sachet kosong bekas pakai sabu, 1 jarum suntik serta 1 sendok sabu.

Pada saat dilakukan penggeledahan diamankan lagi 4 orang lainnya antara lain inisial UD, IT, RR dan AP dengan barang bukti dikamar IT, RR dan AP ditemukan lagi sabu, 3 buah bong, 5 buah pireks dan 2 buah korek api.

Sedangkan dikamar tersangka UD ditemukan sabu seberat 0,23 gram, 1 sendok sabu, 2 sumbuh pembakar sabu, dan 1 korek api.

Berdasarkan hasil pemeriksaan BNNK Tana Toraja masing-masing tersangka sudah cukup bukti untuk ditingkatkan ke penyelidikan.

Atas perbuatannya para pelaku diancam pidana dengan pasal 114 ayat (1), pasal 112 ayat (1) ,pasal 127 ayat (1), huruf a jo pasal 132 ayat 1 undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika, dengan hukuman minimal 4 tahun penjara.

AKBP Dewi Tonglo mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Tana Toraja AKBP Julianto P Sirait dan Damdim 1414 Letkol Czi Hiraz M Saragih Turnip, atas informasi dan dukungannya yang telah diberikan dalam mengungkap kasus ini, kuncinya. (rp2/udy)

Click to comment

Most Popular

To Top