Prof Ian: Luwu Raya Sentral Wallacea, Masuk 10 Besar Dunia – Palopo Pos
Pendidikan

Prof Ian: Luwu Raya Sentral Wallacea, Masuk 10 Besar Dunia

*Seminar Internasional Biodiversity Unanda

PALOPO–Keanekaragaman Hayati di Luwu Raya sungguh sangatlah besar, bahkan merupakan sentral dari pulau-pulau Wallacea di Indonesia. Kawasan Wallacea sendiri merupakan salah satu dari sepuluh besar keanekaragman hayati terbesar di dunia saat ini.

Demikian diungkapkan Coordinator Bilateral Plant Biosecurity Initiative, Prof Ian H Falk saat memberikan materi Seminar Internasional Biodiversity Unanda di Auditorium, Senin 9 April 2018 kemarin.

Dikatakannya, saat ini terjadi pemanfaatan sumber daya hayati yang luar biasa baik dari pertanian, perikanan, kelautan dan lainnya. Namun mestinya juga diperhatikan keseimbangan pemanfaatan keanekaragaman hayati dengan pengelolaanya sehingga dapat bertahan sepanjang masa dan berdaya guna bagi masyarakat secara berkelanjutan.

“Intinya ada keseimbangan antara manusia dengan lahannya sehingga dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan. Apalagi Luwu Raya ini memiliki keanekaragaman hayati yang sangat besar, bahkan sentral dari kawasan Wallacea Indonesia,” sebutnya.

Sementara itu Rektor Unanda Palopo, Dr Marsus Suti, M.Kes menyampaikan rasa bangganya atas pelaksanaan seminar internasional yang digagas oleh tiga Fakultas sekaligus yakni Fakultas Perikanan, Kehutanan dan Pertanian. Dengan kegiatan ini tentunya menjadi acuan tersendiri dalam menjaga keanekaragaman hayati di Luwu Raya.

“Ini juga menjadi rekomendasi dalam pemanfaatan sumber daya alam yang bernilai tinggi, seperti sagu misalnya,” sebutnya.

Untuk diketahui hadir pada kegiatan tersebut guru besar Universitas New England Australia, Prof John V Lovett, Dekan Fakultas Perikanan Unanda, Dr Henny TC Palemmai, para wakil rektor Unanda, civitas akademika Unanda serta ratusan peserta pemerhati lingkungan. (ich)

Click to comment

Most Popular

To Top