Cari Onderdil Alat Berat, Cukup di Palopo – Palopo Pos
Ekonomi

Cari Onderdil Alat Berat, Cukup di Palopo

PALOPO-– Alat berat seperti beko maupun buldoser, termasuk kebutuhan terbatas yang digunakan kalangan tertentu. Untuk mendapatkannya pun masih harus ke Makassar. Karena di Palopo belum ada dilernya.

Namun untuk kebutuhan onderdil alat berat, tak perlu lagi ke Makassar. Cukup di Palopo saja, karena sudah ada perusahaan yang menjualnya. Ada dua toko yang menjual onderdil alat berat di kota ini yakni Toko Mattoanging Jaya 2 Jl. Jenderal Sudirman No. 184 A Km. 3 Binturu (dekat kampus STIEM Palopo). Dan satu lagi di pertokoan dekat Pusat Niaga Palopo (PNP).

Di Toko Mattoanging Jaya milik H Mansyur, tersedia berbagai macam onderdil alat berat seperti baket (semacam sekup raksasa), juga ada track link (rantai) alat berat, kuku baket, plat baja baket, dan sebagainya.

Menurut Manajer Toko Mattoanging Jaya 2, H Alisman yang ditemui Palopo Pos di tokonya, Binturu, (10/4) lalu, prospek bisnis onderdil alat berat di Kota Palopo, cukup lumayan. Itu dapat dilihat dari durasi waktu Toko Mattoanging Jaya menggeluti bisnis di Palopo yang sudah dua lebih tahun.

Pelanggannya tak hanya dari Kota Palopo, tapi juga luar Palopo, seperti Bonebone, Luwu Timur, bahkan ada dari Kolaka (Provinsi Sulawesi Tenggara) dan Morowali (Provinsi Sulawesi Tengah).

Barang yang paling banyak laku adalah kuku beko. Harganya bervariasi antara Rp195 ribu hingga Rp350 ribu per unit. ”Biasa sekali beli, orang ambil empat sampai lima unit. Soalnya, pemakaian kuku ini cepat aus, apalagi kalau yang dibeko adalah batu. Kalau pasir saja atau sirtu yang dikerja, kuku-nya tahan sampai satu bulan. Tapi kalau batu, tidak sampai satu bulan ganti lagi,” terang Alisman.

Disamping kuku, track link (rantai beko) juga cepat laku. Dalam satu bulan biasa laku tiga set (kiri dan kanan). Pernah juga laku sampai empat set. Harganya lumayan juga, Rp27 juta per set. Track link juga termasuk onderdil beko yang cepat kalah, karena bergerak terus.

Di Toko Mattoanging Jaya juga tersedia baket. Ada dua macam yakni yang kecil kapasitas 1,5 meter kubik, dan yang besar kapasitas dua kubik. Harga baket kecil Rp18 juta per unit, sedang yang besar mencapai Rp21,5 juta.

”Jadi kalau butuh onderdil alat berat, tidak perlu jauh-jauh ke Makassar. Cukup di Palopo saja sudah ada yang jual. Harganya juga tidak terlalu beda jauh dengan harga Makassar. Karena barangnya didatangkan langsung dari Jakarta,” tandas Alisman. (ikh)

Click to comment

Most Popular

To Top