Dandim Tanam dan Panen Padi di Bajo – Palopo Pos
Luwu

Dandim Tanam dan Panen Padi di Bajo

BAJO — Komandan Kodim (Dandim)1403 Sawerigading Palopo Letkol Inf. M Imasfy melakukan penanaman perdana di areal percetakan sawah baru tahun 2017 tepatanya di Desa Tallang Bulawang, Kecamatan Bajo, Kabupaten Luwu, Kamis 12 April kemarin.

Penanaman perdana tersebut dihadiri langsung Kepala dinas Pertanian Kabupaten Luwu HA Pangerang, disaksikan Humas Kementerian Pertanian Buhaerah dan Ketua Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Kabupaten Gowa
Abdul Azis serta para anggota Kelompok tani Salu Sarasa Desa Tallang Bulawang yang diketuai oleh Patman.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Luwu, Andi Pangerang mengatakan, tahun 2017 Pemerintah Kabupaten Luwu melalui Dinas Pertanian Kabupaten Luwu melaksanakan kegiatan percetakan sawah baru seluas 200 hektar dengan pola swakelola yang dilaksanakan jajaran Korem 142 Taro Ada Taro Gau.

“Khusus untuk di Desa Tallang Bulawang percetakan sawah baru seluas 22 hektar dengan menerapkan pola swakelola yang dilaksanakan Danrem 142 Tatag, “ungkap Andi Pangerang.

Andi Pangerang mengatakan untuk tahun 2018 target tanam padi periode April-September 2018 seluas 32 ribu hektar. “Saat ini kita bekerjasama dengan TNI untuk lebih memotivasi petani menanam padi secara optimal. Untuk memenuhi target tanam, ” kata Andi Pangerang.

Dandim 1403 Sawerigading Palopo Letkol (inf) M Imasfy mengatakan inti kehadiran TNI dibidang pertanian untuk mengajak petani lebih giat melakukan penanaman padi demi memenuhi kebutuhan pangan masyarakat di daerah dan Indonesia pada umumnya ” Yang paling penting saya harapkan petani lebih optimal dan lebih fokus mengelola lahan.

Jangan masalah politik seperti urusan Pilkades maupun Pilkada justru menghalangi kita dalam mengelola sumber daya alam yang melimpah ini, ” ujar Imasfy.

Usai melakukan penanaman perdana, hari itu juga Imasfy dan rombongan lalu melakukan panen perdana padi varietas hibrida diDesa Tabbaja kecamatan Kamanre.

” Di Kabupaten Luwu inisesuai laporan Kepala Dinas Pertanian memang setiap saat kita bisa menyaksikan ada petani yang menanam dan dalam waktu yang bersamaan kita bisa menjumpai ada petani yang melakukan panen raya,” tandasnya. (and/him)

Click to comment

Most Popular

To Top