Kasus Pencabulan Anak Meningkat – Palopo Pos
Luwu Timur

Kasus Pencabulan Anak Meningkat

-Pelakunya Kebanyakan Orang Dekat

MALILI — Kasus pencabulan anak di daerah yang dijuluki Bumi Batara Guru ini masih tinggi. Dimana kekerasan dan pencabulan terhadap anak dinilai meningkat dari tahun ke tahun.

Bahkan di tahun 2018 ini, sudah puluhan kasus yang akan disidangkan oleh Pengadilan Negeri (PN) Luwu Timur.

Parahnya, dari jumlah kasus tersebut kebanyakan pelakunya adalah orang terdekat korban.

“Setidaknya ada puluhan kasus pencabulan anak yang akan disidangkan. Pelakunya tergolong keluarga dekat korban,” kata Ketua Pengadilan Negeri (PN) Luwu Timur, Khairul, SH.,MH kepada Palopo Pos, Kamis 12 April 2018.

Menurut Khairul, dimana dalam kasus tersebut terungkap pelakunya rata-rata ternyata bukan orang Iain. Korban dan pelaku saling kenal. Berbagai faktor menjadi penyebabnya. Diantaranya, mulai dari kemolekan tubuh korban dan khilaf, serta terpengaruh oleh lingkungan.

Atas peningkatan kasus itu, dia meminta kepada orangtua yang memiliki anak perempuan, untuk senantiasa mengawasi pergerakan anaknya. Jangan sampai Ialai menjaga anak. Kemudian melakukan deteksi dini terhadap perubahan sikap anak.

“Yang terpenting kalau ada perubahan pada diri anak untuk segera menanyakan,” paparnya. Khairul juga menyarankan kepada pihak pemerintah daerah agar setidaknya dapat sosialisasi pencegahan.

“Di pemerintah daerah itu ada PTP2A. Fungsinya sudah jelas, itu dioptimalkan untuk melakukan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan anak. Karena saya melihat dari tahun sebelumnya kasus ini tidak ada pengurangan malah semakin meningkat,” jelasnya.(krm/rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top