Germas Menggema di Enrekang, Markus Nari Ajak Makan Buah dan Sayur – Palopo Pos
Kesehatan

Germas Menggema di Enrekang, Markus Nari Ajak Makan Buah dan Sayur

Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Golkar dapil Sulsel 3, Dr Ir Markus Nari M.Si (kedua kanan) melakukan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kecamatan Alla, Kabupaten Enrekang, Sabtu 14 April 2018.

KALOSI — Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Golkar dapil Sulsel 3, Dr Ir Markus Nari M.Si melakukan
sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kecamatan Alla, Kabupaten Enrekang, Sabtu
14 April 2018.

Ditandai dengan mencanangkan gerakan makan sayur dan buah lokal, Markus Nasri mengajak
masyarakat, khususnya ibu-ibu yang mayoritas hadir mau menjadi duta dikeluarganya untuk mengajak
gemar konsumsi buah dan sayur lokal.

Apalagi diketahui, Kabupaten Enrekang, khususnya daerah Kecamatan Alla dikenal penghasil sayuran
dan buah-buahan kualitas premium. Seperti buah salak, semangka, rambutan, durian. Sedangkan
sayuran dapat dijumpai seperti kol, sawi, kentang, wortel, dan bawang.

Bertempat di balai pertemuan masyarakat kecamatan, Markus Nari memaparkan manfaat makan sayur dan buah. Dijelaskannya, yakni keduanya sumber vitamin, mineral dan serat pangan yang sangat dibutuhkan tubuh.

Dengan konsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup turut berperan dalam menjaga kenormalan tekanan darah, kadar gula dan kolesterol serta menurunkan risiko sulit buang air besar (BAB/sembelit) dan kegemukan.

Sehingga turut berperan dalam pencegahan penyakit tidak menular kronik seperti penyakit jantung koroner, hipertensi, dan diabetes mellitus tipe 2.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Kesehatan RI telah menentukan porsi makan sayuran dan buah-buahan yang ideal bagi orang sehat yaitu sebanyak 400 gram perorang perhari yang terdiri dari 250 gram sayur dan 150gram buah.

Hal diatas merupakan bagian dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( GERMAS) yang fokus pada 3 kegiatan yaitu, meningkatkan aktifitas fisik dengan cara melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit sehari, konsumsi sayur dan buah setiap hari minimal 5 porsi, dan deteksi dini penyakit dengan cara cek kesehatan rutin setiap 6 bulan sekali.

Hadir pada acara tersebut Kepala Bidang Kepala Bidang Pengendalian Mutu Pelatihan. M Royan, Anggota DPRD Provinsi Sulsel, Camat Alla, perwakilan dinas kesehatan Kabupaten Enrekang, Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, dan masyarakat Kecamatan Alla.(idr)

Click to comment

Most Popular

To Top