Panwaslu Periksa JUARA Tengah Malam – Palopo Pos
Utama

Panwaslu Periksa JUARA Tengah Malam

* Terkait Kasus Dugaan Mutasi dan Money Politic

PALOPO — Calon Wali Kota Palopo, HM Judas Amir memenuhi panggilan panitia pengawas pemilu (panwaslu) terkait laporan dugaan mutasi dan money politic, Sabtu tengah malam 14 April 2018.

Kedatangan HM Judas Amir ke kantor Panwaslu didampingi pasangannya Rahmat Masri Bandaso (RMB) serta sejumlah pendukungnya.

Judas menjalani pemeriksaaan hingga, Minggu dinihari 15 April 2018. Selama kurang lebih dua jam oleh tim penyidik yang tergabung dalam sentra penegakan hukum terpadu (Gakkumdu).

Koordinator Gakkumdu yang juga Ketua Panwaslu Palopo, Syafruddin Djalal mengatakan, kedatangan Judas Amir untuk memberikan klarifikasi terkait sejumlah laporan dugaan pelanggaran pilkada yang dilapor oleh warga beberapa waktu yang lalu.

Ada dua laporan, kata Djalal yang harus diklarifikasi yakni dugaan pelanggaran mutasi yang dilakukan Judas Amir beberapa sebelum dirinya ditetapkan sebagai pasangan calon (paslon) walikota dan wakil walikota Palopo, serta dugaan money politik.

“Untuk laporan mutasi, kita memberikan sebanyak delapan pertanyaan. Demikian pula halnya kasus dugaan money politik,” katanya.

Menurutnya, laporan ini terkait dugaan pelanggaran administrasi dan pidana. Pihak Panwaslu Palopo mendampingi pihak Gakumdu dalam melakukan pemeriksaan. Hanya saja, dalam pemeriksaan pihaknya belum dapat memberikan kesimpulan. Pihak Gakumdu akan menyelidiki laporan ini selanjutnya akan mengambil kesimpulan.

“Kita akan melakukan pengkajian dan meminta pendapat ahli, apakah memang terdapat pelanggaran atau tidak,” ujarnya.

Terkait laporan dugaan mutasi ini pihak Panwaslu sudah mengambil keterangan beberapa pihak terkait, seperti kepala BPPSDM, Dahri Saleng, termasuk beberapa guru. “Nantinya keterangan para saksi akan kita sinkronkan dengan keterangan pihak terlapor untuk menguatkan alat bukti,” katanya.

Calon walikota Palopo, Judas Amir enggan berkomentar banyak terkait pelaporan itu. Soal dugaan money politic, Judas mengaku tidak tahu menahu soal itu. “Setelah saya orasi politik di jalan Rusa saat itu saya langsung pulang,” katanya.

Sementara, calon wakil walikota RMB membenarkan hal itu. “Kami taat hukum dan koperatif makanya kami datang untuk memberikan klarifikasi,” katanya usai pemeriksaan itu berlangsung. (rul/idr)

Click to comment

Most Popular

To Top