Desainnya Telan Rp100 Juta, Bukan Rp1 M – Palopo Pos
Metro

Desainnya Telan Rp100 Juta, Bukan Rp1 M

* Pembangunan Sirkuit Baru Mau Dimulai 2019

PALOPO — Pembangunan sirkuit Juara Ratona Motor Sport baru mau dimulai tahun 2019. Jadi di 2018, yang jalan baru pembuatan desain sirkuit oleh dinas PUPR Kota Palopo. Desainnya telan Rp100 juta, bukan Rp1 miliar.

Statemen anggota Banggar yang menyebut anggaran pembebasan lahan Rp1 miliar sudah dianggarkan di APBD 2018, terbantahkan oleh statemen Ketua DPRD Palopo, Harisal A Latief, kemarin.

”Anggaran pembebasan lahan belum ada. Namun, memang pemerintah berkewajban membebaskan lahan untuk digunakan membangun sarana dan prasarana sirkuit,” ujar Ketua DPRD Palopo, Harisal A Latief, kepada Palopo Pos, Senin 16 April 2018, kemarin.

Mengenai soal lahan untuk arena sirkuit, lanjutnya, belum ada yang paten. Meski saat ini beberapa wilayah di Palopo berpotensi untuk membangun salah satu sarana olahraga itu.

Menurutnya, untuk lahan sirkuit sejauh ini memang pemerintah berkeinginan untuk membangun arena road race.

Hanya saja, biaya untuk khusus pengadaan lahan tidak ada. “Pembebasan lahan ini bersifat umum, tidak ada yang bersifat spesifik seperti halnya  sirkuit,” jelasnya.

Adapun pembebasan lahan yang dilakukan pemerintah adalah sebagai bekal untuk nantinya akan digunakan pemerintah berbagai sarana. “Jadi ketika misalnya besok pemerintah membutuhkan lahan untuk membangun sebuah fasilitas, baik itu fasilitas perkantoran dan lain-lain sebagainya pemerintah tidak perlu repot. Sebab sudah ada lahan yang siap yang telah dibebaskan dan itu salah satu tugas pemerintah,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Palopo, Firmanza, SH, M.Si, mengakui rencana pembangunan road race ini baru akan dimulai 2019. Saat ini, pemerintah baru memplot anggaran untuk desain arena sekitar Rp100 juta.

Terkait soal lahan khusus untuk pembangunan belum ada yang paten. Demikian pula halnya anggaran untuk membebaskan lahan untuk membangun salah satu fasilitas olahraga itu belum terakomodir.

“Yang ada hanya pembebasan secara umum. Kalau nantinya lahan yang dibebaskan pemerintah cocok untuk menempatkan pembangunan arena road race ini, maka itu bisa dilakukan, namun anggaran khusus pembebasan lahan arena road race itu belum ada,” terangnya. (rul/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top