Sekaligus Pastikan Akurasi Data – Palopo Pos
Politik

Sekaligus Pastikan Akurasi Data

* KPU Umumkan Perbaikan DPT Hari Ini

PALOPO — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palopo baru akan mengumumkan perbaikan daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan walikota dan wakil walikota (pilwalkot) Palopo, Selasa 17 April 2018, hari ini.

DPT yang akan diumumkan merupakan hasil perbaikan terhadap data pemilih yang tidak valid, karena tidak memiliki nomor induk kependudukan (NIK), pemilih ganda, pemilih yang sudah meninggal dunia dan ditambah dengan pemilih yang tidak terdaftar sebelumnya.

Ketua KPU Palopo, Haedar Djidar, SH, MH, mengatakan melalui hasil perbaikan ini pihaknya berharap tidak ada lagi data pemilih yang bermasalah. “DPS ini akan kita tetapkan sebagai DPT sekaligus memastikan akurasi data dari hasil perbaikan sebelumnya,” katanya.

Komisioner KPU akan mengadakan rapat internal. Kemudian pengumuman DPT untuk Pilkada dilakukan pada pukul 15:30 Wita di Hotel Mulia Indah, Jalan Mangga Palopo. “Pengumuman DPT ini kita tunda yang rencananya dijadwalkan Senin 16 April dikarenakan suatu hal,” katanya.

Sebelumnya, kata dia, sebanyak 103.243 wajib pilih, terdiri dari 50.735 laki laki dan perempuan 52.508 yang masuk dalam rekap DPHP/DPS Kota Palopo.

Bahkan salah satu tim paslon walikota dan wakil walikota Palopo mempertanyakan DPS itu dikarenakan beberapa pemilih yang tidak memiliki NIK terakomodir dalam DPS.

“DPT ini masih miliki tahapan. KPU akan membuka ruang untuk pemilih tambahan bagi pemilih pemula dengan melampirkan KTP atau suket hasil perekaman E-KTP dari Dinas Dukcapil,” katanya. (rul/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top