Menkes Resmikan Dua Puskesmas di Kalbar, Pelayanan Kesehatan Akhirnya Capai Perbatasan – Palopo Pos
Kesehatan

Menkes Resmikan Dua Puskesmas di Kalbar, Pelayanan Kesehatan Akhirnya Capai Perbatasan

Menkes Prof Nila (kiri) menggendong bayi pasien. IST
Prev1 of 3
Use your ← → (arrow) keys to browse

SANGGAU — Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek meresmikan dua Puskesmas daerah perbatasan di Provinsi Kalimantan Barat pada Selasa (17/4), tepatnya di Kabupaten Sanggau. Kedua Puskesmas tersebut merupakan Puskesmas representatif yang berhasil dibangun di daerah perbatasan, yaitu Puskesmas Entikong dan Puskesmas Balai Karangan. Pembangunan Puskesmas ini menggunakan anggaran DAK Afirmasi bidang kesehatan tahun 2017.

Upaya percepatan pembangunan di daerah perbatasan merupakan salah satu fokus prioritas pembangunan kesehatan pada 2015-2019. Untuk mewujudkannya pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI melaksanakan program pembangunan 124 Puskesmas Perbatasan di seluruh titik terluar Indonesia.

Dalam upaya meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan di daerah perbatasan kerap kali mengalami berbagai permasalahan seperti kondisi geografis, SDM kesehatan, terbatasnya infrastuktur dan lain sebagainya. Di samping itu, isu ketimpangan pelayanan kesehatan dibandingkan dengan negara tetangga akan berpengaruh pada kredibilitas bangsa apabila tidak ditangani dengan serius.

“Daerah perbatasan yang merupakan bagian terdepan negara seharusnya menjadi etalase negara yang menampilkan wajah atau citra Indonesia yang positif termasuk dalam bidang kesehatan,” kata Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek dalam sambutannya saat peresmian Puskesmas Entikong dan Puskesmas Balai Karangan di Kabupaten Sanggau (17/4).

Prev1 of 3
Use your ← → (arrow) keys to browse

Click to comment

Most Popular

To Top