Launching Antrian Mobile JKN Dipusatkan di Palopo – Palopo Pos
Utama

Launching Antrian Mobile JKN Dipusatkan di Palopo

*Serentak se Indonesia

PALOPO — Drektur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris meresmikan sistem antrian online melalui aplikasi Mobile JKN secara serentak se Indonesia yang dipusatkan di Kecamatan Wara Kota Palopo, Kamis 19 April 2018.

Hadir pada kegiatan tersebut, Direktur Teknologi Informasi BPJS Kesehatan yang juga Wija to Luwu, Wahyudin Bagenda, Wali Kota Palopo, Andi Arwien, Ketua DPRD Palopo, Harisal A Latif, Deputi Direksi Wilayah Sulselbartramal, I Made Puja Yasa, Kepala Dinas Kesehatan se Luwu Raya dan para undangan.

Dikatakan Fahmi, adapun sistem antrian online melalui aplikasi Mobile JKN kurang lebih tiga bulan terakhir ini diuji coba di berbagai daerah di Indonesia termasuk dua Puskesmas yang ada di Kota Palopo, yakni puskesmas Wara dan Wara Utara.”Hari ini kita launching program ini yang tentunya diikuti oleh seluruh puskesmas yang ada di Indonesia,” sebutnya.

Adapun Kota Palopo dipilih sebagai pusat launching ini mengingat Pemkot Palopo yang luar biasa dalam mengawal keberadaan BPJS selama ini. Mulai dari infrastrktur dan juga komitmen Pemkot terhadap warga dalam kesehatan, seperti pelaksanaan program JKN-KIS paripurna, kota pertama di Indonesia.

Dijelaskan Fachmi, selama ini terdapat peserta yang datang di Puskesmas atau Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) lainnya tidak mendapat kepastian waktu kapan akan dilayani. Sehingga waktu yang dimiliki oleh peserta terbuang sia-sia untuk menunggu, harus menunggu berjam-jam. Dengan adanya sistem antrian online ini peserta nantinya dapat mengetahui perkiraan waktu pelayanan sehinga tidak perlu menunggu lama di FKTP dan dapat datang sesuai giliran layanan.

“Jadi peserta FKTP tinggal mendaftar di aplikasi Mobile JKN, kemudian nantinya diberikan nomor antrian dan juga waktu untuk mendapat pelayanan di puskesmas atau FKTP sehingga warga bisa menyesuaikan diri untuk datang berobat, tidak perlu lagi antri berlama-lama. Ini juga merupakan amanat presiden perbaiki layanan serta antrian peserta,” sebutnya.

Sementara itu Wali Kota Palopo, Andi Arwien, saat memberikan sambutan, menyampaikan terima kasihnya kepada BPJS Kesehatan memilih Kota Palopo sebagai lokasi launching sistem antrian online melalui aplikasi Mobile JKN secara serentak se Indonesia. Hal ini menegaskan bahwa Kota Palopo merupakan barometer pusat pembangunan di Luwu Raya.

“Ini tentunya merupakan kebanggan bagi kita semua,” sebut Arwien.

Dikatakannya, dengan sistem antrian online aplikasi Mobile JKN ini masyarakat semakin diberi kemudahan mendapat layanan kesehatan dari Pemkot bekerjasama BPJS Kesehatan. Masyarakat dengan mudah mengakses segala jenis pelayanan kesehatan melallui Mobile JKN bahkan untuk berobat di puskesmas tidak mesti lagi antri berjam-jam, ini karena adanya program antrian online aplikasi Mobile JKN.

Untuk diketahui pada peresmian sistem antrian online melalui aplikasi Mobile JKN juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama BPJS Kesehatan Palopo bersama Kepala Dinas Kesehatan se Luwu Raya dalam penerapan sistem antrian online. Selain itu juga digelar pemberian donasi bagi peserta JKN-KIS menunggak melalui Program Donasi Amal Menggunakan Sampah. (ich/idr)

Click to comment

Most Popular

To Top