Guru Miliki Keahlian Ganda – Palopo Pos
Pendidikan

Guru Miliki Keahlian Ganda

Untuk mendukung proses pembelajaran lebih efektif, beberapa orang guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Palopo mengikuti program pendidikan profesi keahlian ganda. Demikian diungkapkan Kepala SMKN 3 Palopo, Ridwan, ST, M.Si kepada Palopo Pos, beberapa waktu lalu.

Dikatakannya program ini bertujuan memperluas aksebilitas guru, seperti guru fisika tidak hanya mengajar fisika saja. Namun karena memiliki pengetahuan program profesi keahlian ganda. Juga mampu mengajar keahlian nautika.

“Jadi mereka ini ikut kegiatan Profesi keahlian Ganda di Jawa, mereka sudah pulang mengajarkan ilmu yang didapatkan. Mereka ini ilmunya dijamin, bayangkan saja mereka belajar selama setahun, cukup mudah bagi mereka untuk menyerap ilmunya lantaran sudah memiliki dasar keilmuan,” sebutnya.

Dijelaskannya, adapun program keahlian ganda ini bertujuan membekali calon guru sasaran Program Keahlian Ganda dengan kompetensi keahlian produktif sehingga mampu menjadi guru mata pelajaran produktif di SMK.

Selain itu memenuhi kebutuhan guru produktif di SMKN 3 khususnya khususnya kompetensi keahlian nautika kapal niaga dan tehnika kapal niaga. Ini juga sebagai upaya memberdayakan dan menata guru yang berlebih agar merata sesuai kebutuhan.

Jadi program ini banyak manfaatnya, seperti guru memperoleh sertifikat pendidik dan sertifikat keahlian pada kompetensi keahlian produktif. Kemudian Proses pembelajaran di SMKN diharapkan dapat lebih optimal.

“Kita berharap pula para lulusan diharapkan mempunyai kompetensi yang sesuai dengan bidang keahlian sehingga mampu bersaing di dunia kerja terutama dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean,” terangnya. (ich)

Click to comment

Most Popular

To Top