Tanggung Jawab Moril Bangun Kampung – Palopo Pos
FEMALE

Tanggung Jawab Moril Bangun Kampung

Santa Manik, SE
Kepala Desa Pantilang

 

Tak banyak kepala desa dipimpin seorang perempuan. Apalagi desa tersebut berada jauh dari ibukota kabupaten. Desa Pantilang di Kecamatan Bastem contohnya.

Desa yang terletak di pegunungan ini dibawah komando seorang Srikandi bernama Santa Manik SE. Kini mulai beranjak bangkit dari keterbatasan akses.

Baru tiga tahun menjabat sebagai Kepala Desa Pantilang, Santa telah banyak berbuat untuk pembangunan disana. Dilantik, 13 Januari 2016, lalu, Santa langsung action dan berpikir keras bagaimana kampung halamannya bisa maju dan berkembang, bersaing dengan desa lain.

Kepada Palopo Pos, Santa mengungkapkan dirinya maju sebagai kepala desa karena merasa punya bertanggungjawab moril. “Ada beban secara moril bahwa kenapa kampung orang bisa maju, kampung saya tidak,” ujarnya saat dihubungi Palopo Pos, Jumat 27 April 2018.

Saat ini ada dana desa, Santa semakin optimis bisa mempercepat pembangunan desa menggunakan anggaran tersebut. “Tinggal 1 km lagi yang belum dirabat beton. Saya sangat termotivasi adanya dana desa yang bisa digunakan membangun kampung. Ini salah satu bakti saya dalam membangun NKRI,” ungkapnya.

Bagi Santa, menjadi kepala desa tidak harus menunggu APBDes. “Saya coba berpikir bagaimana memanfaatkan jaringan yang ada dipusat. Kalau hanya mengandalkan dari kabupaten, pastinya tidak cukup,” jelasnya.

Bahkan baru-baru ini, lanjutnya, ia menghadiri pembentukan lembaga CSR yang khusus membantu desa di Jakarta. “Ini atas inisiatif saya sendiri dibantu informasi teman di Jakarta. Mudah-mudahan lembaga CSR ini hadir di Desa Pantilang,” ucap ibu satu anak ini.

Saat ini, kata Santa yang kemana-mana selalu memakai kacamata, Desa Pantilang masih terkendala dengan sarana air bersih, dan penerangan jalan. “Air bersih sudah ada cuman terkendala mata air yang jauh didesa seberang. Ini lagi berusaha melobi pusat untuk membantu mengalirkan air dari mata airnya. Kalau soal penerangan jalan, baru 10 titik yang ada. Semoga kedepan semakin banyak lagi,” harapnya.

Saat ini di Desa Pantilang telah dialiri listrik PLN. Jenjang pendidikan sudah ada, mulai dari SD sampai SMA. Bahkan, tahun ini SMA 8 Luwu Bastem sudah bisa melaksanakan UNBK. “Saya sangat bersyukur tahun ini SMA 8 Luwu Bastem UNBK pertama kali,” tutupnya dengan tagline #Daumacapak. (idr)

Biodata:

Nama                                : Santa Manik, SE
Jabatan                            : Kepala Desa Pantilang, Kec. Bastem
TTL                                   : Pantilang, 06 November 1980
Anak                                 : Galang Maheza Sarira

Click to comment

Most Popular

To Top