Lebih dari 2 Juta Kelambu Dibagikan di Kawasan Timur Indonesia – Palopo Pos
Kesehatan

Lebih dari 2 Juta Kelambu Dibagikan di Kawasan Timur Indonesia

Menkes Prof Nila F Moeloek dalam peringatan Hari Malaria se Dunia. IST
Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse

JAKARTA — Dalam rangka peringatan Hari Malaria Sedunia tahun 2018, salah satu rangkaian acara adalah pemantauan penggunaan kelambu anti nyamuk secara serentak di 3 Provinsi kawasan timur Indonesia (KTI).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan kelambu anti nyamuk yang telah dibagikan secara gratis kepada masyarakat. Pembagian kelambu anti nyamuk merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk menurunkan penularan malaria di daerah endemis malaria karena penggunaan kelambu anti nyamuk dinilai efektif dalam memberikan perlindungan pada masyarakat dari gigitan nyamuk Anopheles penular malaria.

Pada Tahun 2017 dan 2018 Kementerian Kesehatan telah membagikan 2.824.450 buah kelambu anti nyamuk di 3 Provinsi KTI dengan rincian Papua 1.214.750, Papua Barat 485.700 dan NTT 1.124.000. Selanjutnya pada tanggal 9 s/d 16 April 2018 dilakukan pemantauan penggunaan kelambu anti nyamuk secara serentak di Provinsi tersebut. Pemantauan dilakukan dari rumah ke rumah penduduk oleh kader kesehatan yang telah dilatih. Kader pemantau antara lain mendata jumlah kelambu yang telah diterima rumah tangga dan berapa jumlah yang telah digunakan dengan benar. Selain itu juga dilakukan penyuluhan kesehatan terkait pencegahan dan pengendalian penyakit malaria.

Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse

Click to comment

Most Popular

To Top