Imigrasi Sosialisasi Layanan Paspor – Palopo Pos
Pendidikan

Imigrasi Sosialisasi Layanan Paspor

PALOPO — Kantor Imigrasi Kelas III Kota Palopo menggelar sosialisasi pelayanan Imigrasi di hadapan ratusan siswa SMKN 1 Palopo baru-baru ini. Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Kota Palopo, Samuel Toba menjelaskan sepanjang tahun 2017 pihaknya menerbitkan 15.212 keping paspor.

Untuk paspor biasa 9.942 keping, paspor TKI 98 keping, pergantian habis berlaku 3.282 keping, penggantian halaman penuh 685 keping, hilang sebanyak 407 keping.

Kemudian untuk penggantian hilang karena bencana alam 2 keping, penggantian rusak masih berlaku 22 keping, penggantian 24/48 eks pemegang sebanyak 216 keping, penggantian hilang habis berlaku 554 keping serta penggantian rusak habis berlaku 4 keping.

Untuk memberikan pelayanan yang lebih baik di tahun 2018, saat ini Kantor Imigrasi Kelas III Palopo memiliki beberapa terobosan pelayanan. Yaitu Kantor Imigrasi Kelas III Palopo telah bekerjasama dengan PT Pos Indonesia dimana untuk pembayaran Paspor dan Izin Tinggal (PNBP) dapat dilakukan di layanan Mobile Kantor Pos, yakni mobil yang stand by di depan Kantor Imigrasi Palopo siap melayani pembayaran paspor dan izin tinggal.

“Jadi pemohon paspor dapat mengkuasakan kepada pihak Kantor Pos untuk mengambilkan paspor pemohon dan dikirimkan ke alamat yang bersangkutan melalui PT Pos Indonesia,” sebutnya.

Selain itu terobosan lainnya, pihaknya memberikan kemudahan bagi masyarakat Palopo dalam melakukan permohonan paspor. Yaitu dapat dilakukan secara online dengan mengakses Website Https//antrian.imigrasi.go.id.

“Meskipun berada di rumah atau cafe bisa melakukan permohonan, tinggal buka alamat situs kami, kemudian masukkan data dirinya seperti NIK dan lainnya,” papar Samuel.

Sementara itu Kepala SMKN 1 Palopo, Drs Syamsuddin sangat mengapressiasi akan kehadiran Imigrasi di lembaga yang dipimpinnya. Kedatangan Kantor Imigrasi menjadi pencerahan bagi para guru dan siswa yang ingin berangkat ke luar negeri terlebih lagi pencari kerja. (ich/rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top