Siswa Diajar Siap Siaga Hadapi Bencana – Palopo Pos
Pendidikan

Siswa Diajar Siap Siaga Hadapi Bencana

PALOPO — Para siswa SMKN 1 Palopo diajarkan untuk siap siaga jika sewaktu-waktu menghadapi bencana.

Hal ini berdasarkan simulasi gempa bumi dan kebakaran yang dilakukan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di halaman SMKN I Palopo baru-baru ini.

Wakil Kepala SMKN 1 Palopo, Muhammad Roem, S.Kom, M.Pd menyebutkan kegiatan ini dikemas dalam bentuk simulasi. Dimana ditandai dengan bunyi sirine terjadinya gempa bumi.

Kemudian setelah itu terjadi ada kebakaran di lantai 3 gedung belajar siswa.
“Untuk simulasi ini BNPB yang mengatur segalah skenarionya,” kata Muhammad Roem kemarin.

Jadi, sebutnya, pelaksanaan simulasi ini, terdiri dari dua tahapan yang dilakukan, yakni mempelajari ancaman bahaya dan melakukan simulasi ancaman bahaya bencana.

Kegiatan ini melibatkan siswa PMR yang ikut serta dalam simulasi dikarenakan memang sesuai dengan pelatihan yang selama ini didapatkan.
“Para siswa yang tergabung dalam PMR ini mampu menerima materi dan dapat dimanfaatkan nantinya ketika terjadi bencana apakah di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah,” sebutnya.

Dijelaskannya, kegiatan ini pula bertujuan agar mampu menguji tingkat kesiapsiagaan serta membiasakan diri para guru, siswa dan lainnya dalam menghadapi bencana.

Tidak hanya itu sekolah dan siswa dapat mengembangkan dan melakukan latihan simulasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
“Baru kali ini pihak BNPB melakukan simulasi di sekolah, dan baru di sekolah kami dilaksanakan,” jelasnya.

Untuk diketahui adapun simulasi ini dihadiri Kepala Sekolah, Wakasek Kesiswaan, para guru, pihak BNPB, serta para siswa dari PMR. (cr2/rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top