Lutim Satu-satunya dari Sulsel – Palopo Pos
Luwu Timur

Lutim Satu-satunya dari Sulsel

*MoU Gerakan Menuju 100 Smart City 2018

MALILI—Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia menyelenggarakan kegiatan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bagi 50 Kabupaten/Kota yang masuk dalam Gerakan Menuju 100 Smart City Tahun 2018, di Hotel Red Top Jakarta, Selasa (08/05/2018).

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari hasil assesment yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. Dari 126 kabupaten/kota yang mengikuti assesment hanya 50 kabupaten/kota yang terpilih untuk masuk dalam Gerakan Menuju 100 Smart City 2018.

Dari 50 kabupaten/kota tersebut, Kabupaten Luwu Timur termasuk salah satunya dan merupakan satu-satunya kabupaten yang berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan.

Menteri Kemenkominfo RI, Rudiantara dalam sambutannya mengatakan bahwa salah satu tujuan utama dari Smart City ini adalah bagaimana menghadirkan pelayanan publik yang cepat, tepat dan ringkas dengan memanfaatkan teknologi digital.

Ada 6 hal yang menjadi konsep utama dari Smart City diantaranya Smart Governance atau tata kelola pemerintahan yang cerdas, Smart Living atau hidup yang cerdas, Smart Environment atau lingkungan cerdas, Smart Economy atau ekonomi cerdas, Smart People atau masyarakat cerdas, dan Smart Mobility atau mobilitas cerdas.

Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler disela-sela acara penandatangan MoU mengatakan bahwa Smart City ini sebagai bentuk nyata komitmen pemerintah daerah untuk meningkatkan pelayanan publik di Bumi Batara Guru. Selain untuk peningkatan kualitas dan kinerja pelayanan, juga diharapkan dapat mengurangi biaya dan konsumsi sumber daya serta terlibat lebih efektif dan aktif dengan warganya.

Sementara, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Luwu Timur, H Muh Siddik, BM memberikan respon positif terkait dengan penerapan Smart City di Kabupaten Luwu Timur.

“Saya sangat mendukung kegiatan ini, karena kegiatan ini dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat dan merupakan salah satu komponen untuk mewujudkan Luwu Timur terkemuka 2021”, ucap Siddik.

Drs H Abrinsyah, MM Kepala Baperlitbangda Luwu Timur menyampaikan bahwa terkait penerapan Smart City sudah menjadi fokus pembangunan daerah dan telah tertuang dalam RPJMD Kabupaten Luwu Timur 2016-2021, jelas Abri.

Terpisah, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Luwu Timur, Andy Murphy SSos MH, mengatakan bahwa Dinas Kominfo sebagai leading sector kegiatan ini juga melibatkan semua unsur SKPD dan stakeholder pembangunan yang ada. Jauh hari kami sudah mempersiapkan penerapan Smart City di Luwu Timur karena ini sudah menjadi tuntutan zaman, ucap Opla.

Turut hadir pada kegiatan ini, Staf Ahli Bidang Hukum dan Pemerintahan, H Budiman, Kepala DLH Andi Tabacina Akhmad, Kabag Pemerintahan Senfri Oktovianus, Kabag Humas Alimuddin Natsir, dan unsur SKPD terkait. (krm/udy)

Click to comment

Most Popular

To Top