Astaga, Ratusan Pasutri Gugat Cerai – Palopo Pos
Kriminal

Astaga, Ratusan Pasutri Gugat Cerai

*Januari Hingga April 2018

PALOPO — Memasuki Bulan April 2018, Pengadilan Agama (PA) Palopo telah memutus berbagai kasus cerai pasangan suami istri (Pasutri). Umumnya, usia pernikahan pada kasus-kasus cerai kebanyak pasutri berusia muda, antara 22 tahun hingga berusia 35 tahun.

Dari data yang diperoleh Palopo Pos, Januari hingga April 2018 sebanyak 226 kasus cerai yang sudah putus. Untuk cerai gugat sebanyak 170 kasus yang sudah putus, sedangkan cerai talak sebanyak 56 kasus sudah putus. Melihat angka perceraian sepertinya begitu mudah dan gampang jika ingin pisah dengan pasangan.

Adapun rincian data cerai dari bulan ke bulan yaitu mulai bulan Januari cerai gugat putus 29 kasus dan cerai talak putus 9 kasus. Jadi jumlah keseluruhan mencapai 38 kasus. Bulan Februari jumlah cerai gugat yang sudah putus sebanyak 35 dan cerai talak sebanyak 11 kasus jadi jumlah keseluruhan sebanyak 46 kasus.

Selanjutnya, bulan Maret cerai talak putus 24, sementara cerai gugat putus 64 kasus dengan total 88 kasus. Untuk di bulan April sendiri cerai talak yang putus ada 12 dan cerai gugat yang putus sebanyak 42 kasus.

Dimintai tanggapan soal kasus cerai yang sudah putus dari Januari hingga April, Panitera PA Palopo, Drs Muh Tahir SH mengatakan tingkat permohonan cerai selalu meningkat terutama pada kasus cerai gugat.

“Pihak istri selalu saja punya banyak alasan mengajukan cerai dan memang itu terbukti,” ungkapnya, Rabu, 9 Mei 2018.
Lanjutnya, seperti pada bulan April lalu kasus cerai gugat lebih banyak dari pada kasus cerai talak. Dimana dominan istri menggugat cerai suaminya karena ditinggal tanpa alasan yang jelas.

Ada juga karena faktor perselisihan dan pertengkaran hingga faktor ekonomi, terangnya.
“Memang perkara cerai saat ini marak sekali dengan berbagai penyebabnya.

Saya sudah tidak heran dengan kondisi ini. Namum saya merasa prihatin dengan tingkat terceraian yang semakin tinggi tiap tahunnya,” ujar mantan Wakil Panitera Pengadilan Agama Sengkang ini. (udy/him)

Click to comment

Most Popular

To Top