Meriah, Tabligh Akbar di Padang Sappa – Palopo Pos
Luwu

Meriah, Tabligh Akbar di Padang Sappa

*Kerjasama Pemkab dan Polres, Hadirkan Ustadz Das’ad Latief

PONRANG — Pemkab Luwu dan Polres Luwu melaksanakan Tabligh Akbar yang dirangkai dengan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW serta sosialisasi Pilkada Damai 2018. Tabligh Akbar yang sangat meriah ini menghadirkan Dai kondang Sulawesi-Selatan, Ustadz Das’ad Latief, dipusatkan di Lapangan Sepakbola Padang Sappa, Rabu 9 Mei 2018 lalu.

Kapolres Luwu, AKBP Dwi Santoso, S.IK dalam sambutannya mengatakan Polres Luwu dan Pemkab Luwu menggelar Tabligh Akbar ini bertujuan untuk memupuk ukhuwah Islamiyah dalam nuansa dan bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Tidak lama lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadan, kami berharap segenap umat muslim untuk mengisi bulan Ramadan ini dengan berlomba-lomba melaksanakan amal kebajikan dan beribadah kepada Allah SWT.

Serta yang tidak kalah pentingya, tabligh akbar ini untuk menyosialisasikan pentingnya kita menatap Pilkada Luwu dengan aman dan damai, sehingga masyarakat dapat berdemokrasi secara cerdas, menghindari isu SARA serta mengedepankan hubungan silaturahmi,” kata Dwi Santoso.

Sementara itu, Plt Bupati Luwu H Amru Saher mengatakan bahwa momentum bulan suci Ramadan yang tidak lama lagi hadir menjadi berkahbuat umat muslim/muslimah, dan disaat bersamaan bulan suci Ramadhan berada dalam rangkaian tahapan Pilkada Luwu 2018.

“Dua momentum besar ini memang berbeda, pertama bulan suci Ramadhan adalah kegiatan yang kental dengan nuansa religius dan ibadah khususnya umat muslim, sedangkan Pilkada Luwu adalah kegiatan dalam bingkai demokrasi dan kemasyarakatan, semoga dengan dua momentum membawa keberkahan buat kita masyarakat Kabupaten Luwu, dalam bingkai persaudaraan dan bingkai silaturahmi kekeluargaan,” kata Amru Saher.

Sedangkan Ustadz Das’ad Latief, S.Sos, S.Ag, M.Si Ph.D, dalam ceramahnya mengatakan dalam momentum Pilkada Luwu 2018 dan diera kemajuan teknologi informasi, masyarakat harus selektif memberi dan menerima informasi agar tidak menjadikan sebuah dosa besar.

“Hati-hatilah menyebarkan informasi, jika informasi itu hoax dan ujaran kebencian serta informasi yang tidak benar, maka itu akan menjadi perbuatan yang dosanya akan dipikul secara individu.

Disamping itu, karena Pilkada adalah pesta demokrasi, maka ibarat pesta pengantin, semuanya elemen masyarakat muslim dan non muslim harus melaksanakan dengan penuh kegembiraan dan dalam suasana yang damai, bukan justru dengan saling bermusuhan dan kerusuhan,” imbau Das’ad Latief.

Ia mengatakan juga dalam momentum Isra Mi’raj, dan menghadapi bulan suci Ramadhan, serta Pilkada 2018, Agama Islam mengajarkan betapa pentingnya menjaga hubungan dengan Allah (Hablum Minallah) dan hubungan sesama umat manusia (Hablum Minannas).

” angan ki salah memilih pemimpin, salah satu indikator memilih pemimpin adalah calon pemimpin itu harus jujur dan memiliki kemampuan membelahak-hak masyarakat. Dan untuk menjadi muslim/muslimah yang tidak bangkrut di hadapan Allah SWT di akhirat kelak, marilah jadikan bulansuci Ramadhan ini melaksanakan ibadah dan hablum minannas.

Seorang muslim harus menjaga hablum minannasnya dengan tiga hal, pertama hindari sifat sombong, kedua hindari berbicara ghibah dan ketiga hindari sifat serakah serta perbanyak bersedekah,” katanya.
Tabligh Akbar Polres Luwu bekerjasama Pemkab Luwu ini mengangkat tema ‘Tolak paham radikalisme,terorisme, intoleransi, dalam bingkai Ukhuwah Islamiyah Demi keutuhan NKRI guna mewujudkan Pilkada Damai Kabupaten Luwu 2018.

Kegiatan ini dihadiri sekitar 2 ribuan orang yang terdiri dari unsur Ketua dan Anggota DPRD Luwu, pejabat Pemkab Luwu, segenap aparatur sipil negara (ASN), tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat serta perwakilan Partai politik, Ormas dan LSM serta insan pers, bahkan dihadiri pula salah satu calon Bupati Luwu Pilkada Luwu 2018, Patahudding, S. Ag. (and/him)

Click to comment

Most Popular

To Top