Satlinmas Evakuasi Korban Tenggelam di Pantai Lemo – Palopo Pos
Luwu Timur

Satlinmas Evakuasi Korban Tenggelam di Pantai Lemo

*Pelatihan Penyelamatan Basarnas

BURAU — Sebanyak 55 orang peserta anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) melakukan evakuasi korban tenggelam di Pantai Lemo, Kecamatan Burau, Selasa 8 Mei 2018 Evakuasi korban tenggelam ini merupakan bagian dari pelatihan penyelamatan korban tenggelam oleh Basarnas Malili yang digelar, Selasa 8 Mei 2018.

Kegiatan yang dilakasnakan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) menggandeng Basarnas sebagai Instruktur.

Kepala Seksi Mobilisasi Data dan Informasi Bidang Satlinmas, Hiswanto Pakasi mengatakan pelatihan penyelamatan korban di laut dilakukan dengan tujuan memberikan bekal pengetahuan bagi anggota satlinmas dalam menjalankan tugas dan fungsi di tengah masyarakat menuju Satlinmas Luwu Timur terkemuka.

“Ini menjadi bekal untuk proses evakuasi yang tepat bila ada peristiwa terjadi dalam hal membantu misi-misi kemanusiaan,” jelas Hiswanto.

Dalam pelatihan tersebut, sebut Hiswanto, Satlimnas diberikan bekal ilmu tentang teknik evakuasi korban di air, juga dibekali teknik pijat jantung dan nafas buatan, serta cara pengoperasian kapal karet.

“Anggota dibekali teknik penyelaman,teknik evakuasi korban, teknik membuka jalan napas, teknik mengapung dan teknik penggunaan perahu karet,” paparnya.

Hiswanto menambahkan, para peserta tampak antusias dan menyimak keterangan dari Basarnas dengan serius. Selain Basarnas,TNI juga ikut berkontribusi memberikan pelatihan penyelamatan kepada anggota Satlinmas. (krm/rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top