DPRD-Pemkot Siap-siap Bahas 9 Ranperda – Palopo Pos
Metro

DPRD-Pemkot Siap-siap Bahas 9 Ranperda

* Termasuk Ranperda Penertiban Ternak

PALOPO — Ada sembilan ranperda mau dibahas di 2018. Sudah termasuk Ranperda penertiban ternak yang selama ini banyak didukung masyarakat. 9 ranperda segera diserahkan. Jadi, DPRD dan Pemkot siap-siap bahas ranperda tersebut.
Pembahasan 9 ranperda ini dijadwalkan Selasa 15 Mei 2018, melalui rapat paripurna yang berlangsung di kantor DPRD Palopo.

Adapun sembilan jenis ranperda tersebut, yaitu, Ranperda tentang Pengawasan, Pengendalian dan Peredaran Minuman Beralkohol (MB), Ranperda tentang Perencanaan Tata Ruang Wilayah Kota Palopo, Ranperda tentang Pedoman Penelitian dan Pengembangan di Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo, Ranperda tentang Pajak Daerah, Ranperda tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh, Ranperda tentang Peternakan dan Penertibannya.

Selanjutnya, Ranperda tentang Rencana Pengembangan Industri Kota Palopo, Ranperda tentang Penyelenggaraan Perumahan dan Permukiman, serta Ranperda tentang Perusahaan Air Minum Tirta Mangkaluku (PAMTM).

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Palopo, Amirullah, mengatakan dari sembilan ranperda tersebut, tiga ranperda diantaranya dilakukan perubahan seperti ranperda tentang peredaran dan pengawasan MB dari ranperda sebelumnya nomor 1 tahun 2013, ranperda tentang pengawasan ternak 2006, serta ranperda pajak daerah nomor 2 tahun 2011.

Pada pembahasan ranperda ini, Pemkot Palopo melakukan penyerahan sekaligus untuk selanjutnya akan dibahas di internal DPRD dengan melakukan pembentukan panitia khusus (pansus). “Dari sembilan ranperda ini akan melalui beberapa tahapan dengan masing-masing tanggapan masing-masing fraksi atas ranperda tersebut, selanjutnya jawaban walikota atas tanggapan itu,” katanya.

Ditambahkan, dari sejumlah ranperda tersebut, beberapa di antaranya merupakan ranperda yang digodok 2017 lalu, namun belum ditetapkan, termasuk ada di antaranya merupakan ranperda inisiatif DPRD. “Kita berharap para anggota DPRD dapat menyelesaikan semua ranperda, baik dari eksekutif maupun dari inisiatif DPRD,” terangnya. (rul/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top