Selama Puasa, Lagota Sediakan 100 Tempat Jualan Takjil – Palopo Pos
Ekonomi

Selama Puasa, Lagota Sediakan 100 Tempat Jualan Takjil

PALOPO — Bulan puasa menjadi bulan yang berkah untuk para pedagang. Tidak sedikit pedagang yang mendapatkan keuntungan berlipat-lipat ganda dari biasanya termaksud menjual takjil. Lagota menjadi salah satu lokasi penjualan takjil yang sangat diminati masyarakat.

Selain tempatnya yang strategis berada dalam lingkup pasar Pusat Niaga Palopo (PNP), letaknya juga yang berada di daerah perkotaan. Hal inilah yang membuat setiap tahunnya Lagota dijadikan lokasi tempat penjualan takjil pada saat bulan puasa.

Kepala Pasar PNP Palopo, Arpah Biro, kepada Palopo Pos, saat ditemui diruangannya, Senin 14 Mei 2018 mengatakan bahwa sebanyak 100 tempat di Lagota telah disediakan untuk lokasi penjualan takjil selama bulan puasa. “Panjangnya 1,5 meter dan lebarnya stengah meter. Dari duluh ukurannya seperti itu,” katanya.

Tempat jualan yang ada di Lagota masing-masig sudah memiliki nomor tempat, dimana untuk setiap nomornya sudah ada pemiliknya dan memiliki kartu tanda kepemilikian.

Kegunaan dari kartu ini yaitu agar ada tanda bahwa orang tersebut merupakan pemilik dari tempat tersebut, dan kartu tersebut sudah ada nomornya yaitu nomor tempat. Sehingga nantinya tidak ada orang yang menyerobot.

“Perlu saya tegaskan, pemilik yang dimaksud disini hanya kepemilikan sementara, yang hanya memiliki hak pakai pada saat bulan puasa saja,” jelasnya.

Lanjutnya, untuk penyewaan tempat tidak di pungut biaya. Hanya saja setiap penjual yang berjualan di Lagota di kenakan biaya kontribusi harian sebesar Rp1.000 dan biaya kebersihan Rp1.000.

“Kamikan memakai tenaga kebersihan dari luar pasar, jadi pasti ada biaya yang diberikan kepada mereka. Untuk biaya penyewaan lokasinya kami tidak memungut biaya,” tuturnya.

Pedagang yang menjual takjil di Lagota nantinya merupakan pedagang yang sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Sampai saat ini sudah ada beberapa orang yang datang membawah ulang berkas mereka, tutupnya. (cr2/udy)

Click to comment

Most Popular

To Top