Ajak Pemilih Pemula, KPU Road Show ke Sekolah – Palopo Pos
Politik

Ajak Pemilih Pemula, KPU Road Show ke Sekolah

PALOPO — Dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih pada pilkada 27 Juni 2018, mendatang, Komisi Pemilihan Umum Kota Palopo melaksanakan sosialisi ke beberapa sekolah.

Adapun kegiatan ini dinamakan KPU road show to school.Seperti yang dilakukan di SMAN 3 Palopo, Senin, lalu. Di kegiatan tersebut, KPU melibatkan sejumlah siswa lain dari SMAN 5, SMAN 2, dan SMKN 1.

“Ini sebagai ajang bagi pemilih pemula untuk lebih mengenal arti demokrasi dan hakikat pemilihan umum dan juga termasuk lembaga penyelenggaranya,” kata Komisioner KPU Palopo, Faisal, S.Sos.

Selain itu, KPU turut melibatkan Direktur Macca Indonesia Foundation (MIND), Haeril Al-Fajri, alumni magister UI, Hasan Sufyan serta penggiat demokrasi, dan pemerhati pendidikan lainnya.

Faisal dalam pemaparannya mengatakan kegiatan ini sebagai ajang sosialisasi terkait Pilkada Serentak 27 Juni 2018 mendatang yang sisa kurang lebih 45 hari lagi.

“KPU melaksanakan road show ini demi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat sehingga Pilkada berlangsung sukses baik secara kuantitas dan terpenting pula dari segi kualitas pelaksanaannya termasuk pada sasaran pemilih pemula di 3 Zona yang diadakan,” katanya, di hadapan para peserta.

Untuk itu, salah satu syarat menyalurkan hak pilih yakni sudah berusia 17 tahun atau sudah menikah dan telah melakukan perekaman e-KTP. “Kami harap bagi adik-adik yang sudah berusia 17 tahun segera lakukan perekaman e-KTP, agar tercatat di Daftar Pemilih Tetap (DPT),” imbuhnya.

Menurutnya, sosialisasi ini juga membuka pikiran pelajar untuk tidak asal menyalurkan pilihan. Tetapi, menjadi pemilih yang cerdas, yang mampu menilai calon pilihannya secara objektif.

“Peran pemilih pemula atau pemilih muda sangat dibutuhkan untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Usai mendapat sosialisasi ini, ajak para tetangga, keluarga, teman agar ikut berpartisipasi pada Pilkada serentak 2018 dan Pemilu 2019,” katanya. (rul/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top