DPRD Tak Punya Kewenangan Panggil Judas dan KPU – Palopo Pos
Utama

DPRD Tak Punya Kewenangan Panggil Judas dan KPU

*Tuntutan Aliansi Wija To Luwu

PALOPO — Aliansi Masyarakat Wija to Luwu kembali melanjutkan aksinya terkait pernyataan calon walikota Palopo, HM Judas Amir atas pernyataannya pada acara debat kandidat II beberapa waktu lalu.

Atas dasar itu aliansi ini mendesak agar DPRD memanggil HM Judas Amir dan KPU Palopo dalam rapat dengar pendapat di DPRD dalam menyelesaikan kasus ini.

Kedatangan Aliansi Masyarakat Wija to Luw sekitar 10 orang di bawah pimpinan Andi Irsal, di kantor DPRD Palopo, Selasa 15 Mei 2018. Mereka meminta tindak lanjut dari aksi yang mereka lakukan sebelumnya dengan meminta kepada DPRD memanggil HM Judas Amir dan KPU Palopo sebagaimana tuntutan mereka.

“Kami minta agar DPRD bisa memanggil Judas Amir dan KPU untuk menyampaikan permohonan maaf atas pernyataanya dalam acara debat kandidat, demikian pula halnya KPU sebagai penyelenggara kegiatan debat, sebab ini melukai perasaan masyarakat Wija To Luwu yang di negeri ini,” kata Andi Irsal.

Ketua DPRD Palopo, Harisal A Latif menegaskan jika DPRD secara kelembagaan tidak memiliki kewenangan dalam memanggil dua pihak terkait tersebut apalagi mengadili keduanya. Sebab, sangat jelas kewenangan DPRD hanya berdasarkan pada tugas dan fungsi mereka sebagai pengawasan, penganggaran, dan perundang-undangan. “Bila kami melakukan hal itu maka DPRD sudah melampaui kewenangannya, karena jelas DPRD bukan peradilan yang diberikan tugas dalam melakukan proses terhadap suatu permasalahan,” katanya. (rul/idr)

Click to comment

Most Popular

To Top